Kompas.com - 09/06/2017, 04:21 WIB
Menyantap nasi kandar KOMPAS/M CLARA WRESTIMenyantap nasi kandar
EditorI Made Asdhiana

BERKALI-kali ke Malaysia bisa membuat kita bosan. Mungkin karena kemiripan geografi, budaya, dan bahasanya, seolah tidak ke luar negeri. Namun, kebosanan itu sebenarnya bisa ditebus dengan menikmati khazanah kulinernya.

Masakan India, misalnya, yang lebih mudah ditemui di Malaysia dibandingkan dengan di Indonesia. Harganya pun juga lebih murah.

Komunitas India dan Tamil yang sangat banyak di Malaysia membuat kuliner India banyak ditemui di toko-toko pinggir jalan. Kuliner India memang terasa terlalu banyak pendar rempah, tetapi justru di situlah keunikannya.

Jarang-jarang kita bisa mencicipi makanan berempah tebal. Untuk sekali-kali bolehlah, supaya lidah ini juga kaya wawasan cita rasanya.

(BACA: Sama-sama Kaya Rempah, Apa Beda Masakan India dan Indonesia?)

Salah satu kuliner yang menarik untuk dieksplorasi adalah nasi kandar. Nasi kandar adalah nasi putih yang dimakan dengan beragam kuah kari. Ada kari ikan, kari kambing, kari ayam, dan sebagainya. Selain itu juga aneka gorengan dan sayur yang menjadi lauk-pauknya.

Nasi kandar sebenarnya yang terkenal adalah Nasi Kandar Kayu di Pulau Penang. Namun, Nasi Kandar Kayu juga bisa ditemukan di Petaling Jaya, Kuala Lumpur. Peminatnya, sama seperti di Pulau Penang, berjibun...!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya nasi kandar dijual dengan dipikul berkeliling kampung di Pulau Penang. Nasi putih ditempatkan di wadah kayu yang tinggi, kemudian lauk-pauk dan karinya ditata mengelilingi nasi.

KOMPAS/M CLARA WRESTI Roti Tisu.
Namun, kini nasi kandar dijual di jaringan restoran yang tersebar di seantero Malaysia. Tidak lagi disajikan dalam pikulan. Nasi langsung disajikan dalam piring/ceting nasi di meja makan.

Di Nasi Kandar Kayu, nasi yang ditawarkan tidak hanya nasi putih, tetapi juga nasi biryani yang menggunakan beras basmati (beras berbutir panjang dan terasa pera).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X