Siwanatha Raja, Tarian Pembuka Pesta Kesenian Bali 2017

Kompas.com - 10/06/2017, 20:09 WIB
Siwanatha Raja, tarian pembuka Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-39 yang digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017. KOMPAS.COM/ROBINSON GAMARSiwanatha Raja, tarian pembuka Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-39 yang digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017.
|
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Hajatan Pesta Kesenian Bali (PKB) kembali digelar. Dalam PKB ke-39 ini Pemerintah Provinsi Bali mengangkat tema Ulun Danu yang artinya melestarikan air sumber kehidupan.

Sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, PKB diawali dengan pelepasan pawai PKB yang digelar di Jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar, Sabtu (10/6/2017).

Pelepasan pawai ini dilakukan secara resmi oleh Menetri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

(BACA: Catat! Pesta Kesenian Bali 2017 Digelar 10 Juni sampai 8 Juli)

Rangkaian pawai yang berlangsung selama tiga jam ini dibuka dengan tarian Siwanatha Raja. Tarian ini mengisahkan proses penciptaan alam semesta oleh Dewa Siwa.

KOMPAS.COM/ROBINSON GAMAR Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017.
Dikisahkan melalui tarian ini Dewa Siwa menciptakan alam semesta sambil menari. Proses penciptaan berlangsung terus menerus sehingga menghasilkan ritme yang teratur.

Alam semesta bersama isinya berjalan dalam harmoni, sehingga terwujud keseimbangan. Tarian ini dibawakan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

(BACA: Berburu Baju Endek di Pesta Kesenian Bali)

Ada 9 penari utama yang diiringi puluhan penari tambahan dan penabuh alat musik tradisional Bali.

Satu penari utama merepresentasikan Dewa Siwa, sedangkan 8 penari lainnya merepresentasikan kekuatan semesta dari 8 penjuru mata angin.

KOMPAS.COM/ROBINSON GAMAR Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. Hadir pula partisipan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, perwakilan negara Timor Leste, dan India. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017.
Selain tarian Siwanatha Raja, pawai juga diisi dengan penampilan atraksi seni dari perwakilan Pemerintah Provinsi Bali serta 9 kabupaten/kota di Bali.

Selain itu hadir juga partisipan undangan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, perwakilan negara Timor Leste dan India.

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan PKB harus mampu menjadi inspirasi tidak hanya Bali tapi daerah-daerah lain khususnya bantuan destinasi pariwisata dan budaya.

"Provinsi Bali boleh maju dan makin modern tapi tak boleh tinggalkan jati dirinya," ujar Tjahjo.

KOMPAS.COM/ROBINSON GAMAR Siwanatha Raja, tarian pembuka Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-39 yang digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017.
Melalui ajang kebudayaan seperti ini, menurut Mendagri, PKB diharapkan dapat meningkatkan semangat gotong royong. Apalagi Indonesia dibangun di atas keberagaman dengan berbagai warna kebudayaan.

"Mari kita tingkatkan kegotongroyongan dan pemahaman bangsa kita dibangun berdasarkan warna-warni dan saling hormati satu sama lain," kata Tjahjo.

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X