Kompas.com - 10/06/2017, 20:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Hajatan Pesta Kesenian Bali (PKB) kembali digelar. Dalam PKB ke-39 ini Pemerintah Provinsi Bali mengangkat tema Ulun Danu yang artinya melestarikan air sumber kehidupan.

Sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, PKB diawali dengan pelepasan pawai PKB yang digelar di Jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar, Sabtu (10/6/2017).

Pelepasan pawai ini dilakukan secara resmi oleh Menetri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

(BACA: Catat! Pesta Kesenian Bali 2017 Digelar 10 Juni sampai 8 Juli)

Rangkaian pawai yang berlangsung selama tiga jam ini dibuka dengan tarian Siwanatha Raja. Tarian ini mengisahkan proses penciptaan alam semesta oleh Dewa Siwa.

KOMPAS.COM/ROBINSON GAMAR Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 digelar di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017). Pelepasan pawai dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. PKB berlangsung selama sebulan penuh di Taman Budaya Bali atau Art Center dari 10 Juni hingga 8 Juli 2017.
Dikisahkan melalui tarian ini Dewa Siwa menciptakan alam semesta sambil menari. Proses penciptaan berlangsung terus menerus sehingga menghasilkan ritme yang teratur.

Alam semesta bersama isinya berjalan dalam harmoni, sehingga terwujud keseimbangan. Tarian ini dibawakan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

(BACA: Berburu Baju Endek di Pesta Kesenian Bali)

Ada 9 penari utama yang diiringi puluhan penari tambahan dan penabuh alat musik tradisional Bali.

Satu penari utama merepresentasikan Dewa Siwa, sedangkan 8 penari lainnya merepresentasikan kekuatan semesta dari 8 penjuru mata angin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.