Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Cara Hemat Uang Saat Liburan ke Luar Negeri

Kompas.com - 16/06/2017, 05:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bujet seperti tiket pesawat, transportasi, akomodasi, dan konsumsi wajib dikeluarkan saat bepergian terutama ke luar negeri. Di luar pos bujet tersebut, ada pengeluaran lain yang dapat ditekan agar dapat lebih hemat di luar negeri.

Pengeluaran yang berjumlah kecil dan terasa tak penting, justru bisa membuat pengeluaran membengkak saat liburan ke luar negeri. Dilansir dari Telegraph, berikut daftarnya.

1. Hindari mengeluarkan uang di bandara

Sebisa mungkin jangan berbelanja di bandara dan jangan menukar mata uang asing di bandara. Harga barang dan jasa di bandara umumnya lebih mahal dari pada di luar bandara.

2. Gunakan kartu kredit, tetapi berhati-hatilah

Anda lebih baik membayar menggunakan kartu kredit dibanding tunai atau kartu debit. Namun saran ini hanya bermanfaat bagi pengguna kartu kredit yang rajin membayar tiap bulan dan tidak belanja implusif karena lebih mudah belanja menggunakan kartu kredit.

3. Bawa obat sendiri

Obat dan vitamin di daerah wisata umumnya dijual degan harga mahal. Bawalah sendiri obat-obatan pribadi, termasuk sebagai upaya pencegahan.

4. Tak perlu memberi kartu SIM baru

Jika tak terlalu perlu, hindari memberi kartu SIM baru dari negara yang Anda kunjungi hanya beberapa hari. Syukurnya sekarang Anda dapat mengirim pesan dan menelfon dengan internet, jadi manfaatkanlah WiFi gratis.

5. Gunakan pakaian berlapis

Mengenakan pakaian berlapis membuat Anda jadi lebih enggan membeli pakaian baru di toko. Suhu tubuh yang sudah lebih hangat dan repot untuk mencoba pakaian dapat mengurangi niat belanja.

6. Siapkan uang untuk bepergian

Hal yang paling penting adalah sebelum pergi Anda memang memiliki bujet untuk berwisata, dan sesuaikan gaya berwisata dengan bujet Adda. Hindari meminjam uang untuk berwisata karena justru akan membuat Anda kewalahan pulang berwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com