Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Lebaran, Pemilik Mobil Volcano Tour Merapi Cek Mesin

Kompas.com - 17/06/2017, 06:29 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setiap musim liburan, destinasi wisata Volcano Tour Gunung Merapi, Kinahrejo, Sleman, DI Yogyakarta selalu dipenuhi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Menyambut libur lebaran 2017 pemilik mobil adventure yang biasa disewakan untuk wisatawan berkeliling lokasi Lava Tour mulai melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

"Semua ada 350 mobil adventure di Kinahrejo dan saat ini pemilik mulai melakukan pengecekan," ujar Eko Budianto, salah satu pengelola penyewaan Motor Trail dan Mobil Adventure "Belantara" di Volcano Tour Gunung Merapi, Jumat (16/6/2017).

KOMPAS.COM/WIJAYA KUSUMA Motor trail Volcano tour merapi di Desa Kinahrejo yang berada di Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Eko menjelaskan, pengecekan dilakukan untuk memastikan antara lain mesin, rem, kopling dalam keadaan baik. Sehingga ketika digunakan untuk membawa wisatawan berkeliling tidak mengalami gangguan.

"Kita cek semuanya, agar wisatawan dapat menikmati perjalanan dan tidak terganggu karena ada kerusakan mobil. Kita memastikan pelayanan ke wisatawan optimal untuk lebaran besok," tegasnya.

(BACA: Mau Jajal Merapi Lava Tour? Simak Dulu Tips Ini)

Selain mobil, para pengelola wisata baik operator mobil adventure, motor trail bersama-sama melakukan pengecekan jalur Volcano Tour Gunung Merapi.

Pengecekan dilakukan mulai dari Kinahrejo, bunker, Batu Alien dan beberapa tempat lainya. "Jalur yang dilewati tetap kita cek, penunjuk lokasi kita cat lagi," katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Menurut Eko, setiap liburan 350 mobil adventure yang ada di Kinahrejo selalu ludes disewa wisatawan. Bahkan dalam satu hari satu mobil adventure bisa mengantar wisatawan sampai 3-5 kali.

"Sebagian besar mengambil trip Volcano Tour dengan tujuan Bunker Kali Adem, Rumah Almarhum Mbah Marijan, dan Batu Alien," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com