Kompas.com - 17/06/2017, 13:01 WIB
Motif batik semarang sebenarnya tak melulu Tugu Muda, Lawang Sewu atau bangunan ikonik lainnya. Corak batik semarang yang dominan cerah, memiliki makna historis dari peradaban masyarakatnya dahulu yang melahirkan batik semarang. KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAMotif batik semarang sebenarnya tak melulu Tugu Muda, Lawang Sewu atau bangunan ikonik lainnya. Corak batik semarang yang dominan cerah, memiliki makna historis dari peradaban masyarakatnya dahulu yang melahirkan batik semarang.
|
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS.com - Ragam model batik membuat kita harus teliti memilihnya saat membeli agar tidak salah, bahkan tertipu.

Tim Merapah Trans Jawa sempat menyambagi Kampung Batik di Semarang, Jawa Tengah saat memantau kegiatan mudik 2017. KompasTravel yang termasuk dalam tim tersebut mendapatkan tips dari seorang pemilik sekaligus perajin batik di sini.

Tri Utomo (63) pemlik Omah Batik Ngesti Pandowo, menjelaskan trik membeli batik semarang sesuai keinginan agar tidak tertipu.

(BACA: Serunya Belanja di Kampung Batik Semarang)

1. Dicium kainnya

Batik kualitas utama ialah batik buatan tangan, baik ditulis maupun dicap. Dibawah itu terdapat kain tekstil yang diberi print motif batik. Jenis ini bukan termasuk batik ujar Tri, melainkan kain print batik.

KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu ruangan rumah warga Kampung Batik Semarang yang dijadikan showroom batik yaitu Omah Batik Ngesti Pandowo, Jumat (16/6/2017). Di kampung ini wisatawan memang terpuaskan dengan ragam batik semarang yang dipajang oleh hampir setiap rumah.
Untuk membedakannya pertama cium kain, jika kain print akan mengeluarkan bau tekstil yang menyengat. Sedangkan batik asli mengeluarkan bau malam, baunya tak menyengat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bau kain print itu bau tinta kimia, jadi nyengat. Kalau bau malam khas lilin, gak menyengat,” jelas Tri pada KompasTravel di gerai sekaligus rumahnya, Jumat (16/6/2017).

2. Dilihat bolak balik

Batik yang melewati proses pencantingan ataupun pengecapan dengan menggunakan lilin, akan tembus ke kain bagian belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.