Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucunya Melihat Gajah Melukis dan Main Bola di Chiang Mai

Kompas.com - 17/06/2017, 16:05 WIB
Jessi Carina

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Tidak lengkap rasanya berwisata ke Thailand tanpa melihat gajah-gajah di sana. Di Chiang Mai, ada sebuah tempat konservasi gajah yang bernama Maesa Elephant Camp. Chiang Mai merupakan provinsi yang terletak di bagian utara Thailand.

KompasTravel mengunjungi Chiang Mai atas undangan dari Tourism Authority of Thailand (TAT) dan mengunjungi Maesa Elephant Camp pada Jumat (16/6/2017). Untuk bisa masuk ke area tersebut, pengunjung harus merogoh kocek sebesar 400 baht atau sekitar Rp 156.518.

Tarif tersebut sudah termasuk ongkos untuk melihat gajah yang masih bayi. Jika hanya ingin masuk saja, biayanya hanya sebesar 250 baht atau Rp 97.824.

Anda juga bisa mencoba menaiki gajah-gajah itu dan dibawa mengelilingi area tersebut. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar 1.000 baht atau Rp 391.296.

(BACA: Wisata Kuliner Sampai Belanja, Chiang Mai Night Bazaar Tempatnya)

Saat saya masuk, terdengar suara penjual pisang dan tebu berebut untuk memanggil pengunjung. "Hanya 40 baht, hanya 40 baht," teriak mereka memanggil turis yang datang ke sana.

Pisang dan tebu itu adalah makanan untuk gajah. Pengunjung bisa memberi makan gajah-gajah secara langsung.

Setelah membeli pisang dan tebu, saya dan teman-teman lainnya langsung menuju ke tempat gajah-gajah berada. Satu gajah tampak didampingi oleh satu orang penjaga yang mengenakan pakaian berwarna biru.

"Mereka itu disebut mahout, satu mahout merawat satu gajah," ujar pemandu wisata kami.

(BACA: Meningkatkan Pariwisata Negeri Gajah Putih lewat Thailand Travel Mart)

Saya sempat mendekati gajah itu dan memberinya makan dengan pisang yang saya bawa. Mereka langsung menghisap pisang dari tangan saya dengan belalai mereka. Kemudian memasukannya ke mulut mereka.

Mereka makan dengan sangat cepat. Satu tanda pisang bisa habis dalam sekejap mata.

KOMPAS.com/JESSI CARINA Mahout atau pawang gajah bersama gajahnya di Maesa Elephant Camp di Chiang Mai, Thailand, Jumat (16/6/2017).
Setelah itu, biasanya mahout mengizinkan pengunjung untuk berfoto bersama gajah. Gajah pintar ini begitu terlatih, mereka langsung memeluk pinggang pengunjung untuk difoto.

Tidak hanya itu, mereka juga beraksi seolah memasangkan topi ke kepala kita.

Bermain bola dan melukis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com