Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbuka Puasa dan Shalat di Masjid Hidayatul Islam Banhaw, Chiang Mai

Kompas.com - 18/06/2017, 14:06 WIB
Jessi Carina

Penulis

CHIANGMAI, KOMPAS.com - Halal Street adalah destinasi yang wajib Anda datangi di Chiang Mai, Thailand, terutama saat bulan Ramadhan. Jalan ini penuh oleh pedagang makanan dan takjil untuk berbuka puasa.

Berlokasi di Charoen Prathet 1 Alley, Chiang Mai, Halal Street terletak dekat dengan sebuah masjid megah. Masjid Hidayatul Islam Banhaw, begitu namanya. Masjid tersebut juga menyediakan makanan berbuka puasa untuk penduduk muslim di Chiang Mai.

Suasana di dalam masjid begitu hangat. Untuk berbuka puasa, lantai dasar masjid sudah disulap dan diisi dengan meja-meja bundar. Layaknya restoran, makanan seperti ayam goreng dan sup diletakan di meja-meja itu.

Penduduk muslim Chiang Mai duduk bersama di kursi-kursi yang tersedia. Mereka mendengar ceramah sambil menunggu azan magrib berkumandang. Setelah azan, mereka hanya makan sedikit terlebih dahulu.

KOMPAS.com/JESSI CARINA Suasana berbuka puasa di Masjid Hidayatul Islam Banhaw, Chiang Mai, Thailand.

Setelah itu mereka langsung menuju tempat sholat untuk melaksanakan sholat magrib. Saya menuju tempat sholat wanita yang berada di lantai 2 masjid tersebut.

Pada umumnya masjid di Indonesia hanya menyediakan karpet sebagai alas sholat para jama'ah. Namun, Masjid Hidayatul Islam Banhaw juga menyediakam semacam meja yang disusun seperti shaf sholat.

Awalnya, saya pikir itu adalah meja untuk belajar mengaji. Setelah sholat, saya baru mengetahui kegunaan meja tersebut. Meja-meja itu digunakan untuk penduduk lansia yang sudah tidak mampu lagi berdiri dalam menjalankan sholat.

KOMPAS.com/JESSI CARINA Para lansia sholat dengan menggunakan alat bantu meja di Masjid Hidayatul Islam Banhaw, Chiang Mai, Thailand.

Setelah sholat, penduduk muslim Chiang Mai bisa melanjutkan makan mereka lagi. Salah seorang penduduk lokal mengatakan kepada saya bahwa masjid itu juga menyediakan makanan untuk sahur setiap pukul 03.00 WIB.

Menikmati suasana di Halal Street memang menyenangkan. Setelah itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di Chiang Mai Night Bazaar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com