Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan di Ancol, Ada Fasilitas Sepeda Gratis untuk Wisatawan

Kompas.com - 20/06/2017, 03:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, ada fasilitas wisata baru yang bisa dicoba. Wisatawan bisa berkeliling naik sepeda gratis di dalam area Taman Impian Jaya Ancol.

Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan pihaknya telah menyediakan sebanyak 1.000 sepeda yang bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung.

"Sepeda ini bisa digunakan sepanjang Ancol. Namanya Ourbike," kata Sahir dalam jumpa pers di Nyiur Resto Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan sepeda mulai bisa digunakan sejak seminggu yang lalu. Wisatawan, lanjutnya, bisa menemukan sepeda Ourbike di berbagai titik di dalam area Ancol.

"Sepeda ini kerjasama dengan perusahaan vendor aplikasi China. Sepedanya ada di dekat area jalur pejalan kaki Gerbang Barat, Gerbang Timur, Busway, di sepanjang Pantai Lagoon," kata Rika kepada KompasTravel.

Ia mengatakan untuk bisa menggunakan sepeda Ourbike, wisatawan mesti mengunduh aplikasi Ourbike. Aplikasi tersebut bisa ditemukan di Playstore maupun App Store.
 
"Ini program kerja sama, masih kami uji coba. Kita lihat ke depannya. Benefitnya ini libur Lebaran jadi alternatif tranportasi selain Kereta Sato-Sato dan Wara-Wiri," tambahnya.
 
Untuk bisa menggunakan sepeda Ourbike, wisatawan cukup mengunduh aplikasi. Kemudian, wisatawan perlu memindai barcode yang ada di sepeda atau memasukkan nomor sepeda.
 
Kemudian, di layar telepon genggam akan muncul kode untuk membuka pengaman di sepeda. Setelah itu, sepeda bisa digunakan berkeliling Ancol.
 
Sepeda Ourbike berwarna hijau. Wisatawan dapat menggunakan sepeda Ourbike secara gratis hingga bulan Agustus.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com