Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuah Kaldunya Berminyak, Ini Soto Semarang yang Selalu Ramai di Pecinan

Kompas.com - 20/06/2017, 08:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Mencicipi Soto Semarang menjadi hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Semarang, terutama bersama keluarga saat mudik lebaran.

Salah satu gerai Soto Semarang yang bisa dijadikan andalan ialah Soto Pak Bambang Semawis. Letak tendanya berada di dalam pasar Semawis atau Pecinan Semarang, dan terlihat selalu ramai sejak buka sore hari.

KompasTravel bersama tim Merapah Trans Jawa saat mencari hidangan alternatif pemudik Lebaran 2017 pun penasaran dengan soto tersebut.

“Ini Soto Semarang, udah ada lebih dari 20 tahun, sebelum pecinan ada pasar kulinernya gini,” ujar Bambang (64) sang pemiliknya sembari telaten membuat soto.

BACA: Makanan yang Wajib Anda Coba Saat Berburu Kuliner di Semawis Semarang

Panganan ini terlihat layaknya Soto Semarang pada umumnya. Disantap dalam mangkuk kecil berisikan nasi, tauge muda, suwiran ayam, suun, daun bawang, dan bawang goreng.

Namun jika dilihat kuahnya, Soto Pak Bambang Semawis ini tak terlalu bening. Sedikit kuning keruh dengan minyak di sisi mangkuk.

Soto pa Bambang, yang jenis sotonya merupakan Soto Semarang. Ia sudah bejualan selama 20 tahun di kawasan pecinan, Semarang, sampai Jumat, (16/6/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Soto pa Bambang, yang jenis sotonya merupakan Soto Semarang. Ia sudah bejualan selama 20 tahun di kawasan pecinan, Semarang, sampai Jumat, (16/6/2017).
Menurut Bambang, warna kuning tersebut berasal dari kaldu dan rempah yang bercampur. Ia sendiri memang sedikit menggunakan kunyit dalam racikan kuahnya. Saat diseruput terasa gurih, tetapi tidak dominan rasa bawang putihnya.

BACA: Menjajal Sirkuit Gokart Pertama nan Menegangkan di Semarang

Seporsi Soto Semarang bisa Anda nikmat dengan sate kerang, ati ampela, telur bacem, dan sate ayam. Untuk tambahan tersebut, Anda tinggal menambah kocek Rp 4000. Sedangkan harga seporsi soto Pak Bambang adalah Rp 8000.

Segarnya soto ini bisa Anda nikmati mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Berjalanlah ke tengah deretan warung tenda Pecinan. Pak Bambang meletakan grobak sotonya yang berwarna biru di bagian depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com