Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahan Sejak Dulu, Ini 5 Rumah Makan Legendaris di Jakarta

Kompas.com - 22/06/2017, 23:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu membuktikan bahwa beberapa rumah makan di Jakarta memiliki makanan yang dicintai oleh konsumennya. Sampai akhirnya kata 'legendaris' terasa pas untuk disematkan untuk beberapa rumah makan di Jakarta ini.

Siapkan waktu luang Anda untuk menjelajah daftar rumah makan legendaris dengan makanan jempolan yang KompasTravel himpun berikut ini:

1. Restoran Trio

Restoran Trio adalah salah satu rumah makan tertua di Jakarta, didirikan sejak tahun 1947. Restoran Trio berlokasi di Jalan RP Soeroso Nomor 29 A, Gondangdia, Menteng.

Jangan menilai Restoran Trio dari tampilan yang terlihat sangat sederhana. Masukklah ke dalam dan cicipi hidangan ala Kanton. Ada lebih dari 200 jenis makanan yang disuguhkan di Restoran Trio.

2. Restoran Kikugawa

Mencari restoran Jepang pertama di Jakarta? Pergilah ke daerah Cikini, tepatnya di Jalan Cikini Raya 4 Nomor 14. Terdapat sebuah restoran Jepang bernama Kikugawa.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Sushi salmon di Kikugawa, Cikini, Jakarta.
Anda akan menemui sebuah oase tersembunyi, dengan nuansa Jepang yang kental dan hidangan asli Jepang yang segar.

3. Gado-gado Bon Bin

Disebut Gado-gado Bon Bin karena sejatinya daerah Cikini, tepatnya komplek Taman Ismail Marzuki yang dulu adalah kebun binatang (bon bin). Lenyapnya kebun binatang di Cikini pada akhirnya menyisakan rumah makan yang terkenal dengan sajian gado-gado dan es cendol pink.

Rumah makan tersebut berada di Jalan Cikini 4 Nomor 5. Meski 'jadul', jangan ragukan rasa gado-gadonya.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Rumah makan Gado Gado Bon Bin di Cikini, Jakarta.
Saus kacang Gado-gado Bon Bin yang istimewa berbeda dengan gado-gado kebanyakan. Sebab saus kacangnya disangrai dari kacang terbaik, bukan diulek.

4. Bakmi Gang Kelinci

Bicara hidangan mie, Bakmi Gang Kelinci di Pasar Baru pantas dinobatkan sebagai mie legendaris. Dibuka pertama kali tahun 1957, kini Bakmi Gang Kelinci memiliki banyak cabang dan terus berinovasi. Sampai sekarang Bakmi Gang Kelinci yang berada di Jalan Kelinci Raya No 1-3, Pasar Baru, masih tetap buka dan ramai dikunjungi.

5. RM Pondok Djaja dan RM Sepakat

Keduanya adalah rumah makan minang tertua di Jakarta yang buka di tahun yang sama yakni pada tahun 1969.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Ikan bawal bakar juga jadi salah satu menu favorit di RM Sepakat. Rumah makan ini merupakan salah satu restoran Padang tertua di Jakarta, buka sejak 1969.
RM Pondok Djaja pertama kali buka di Jalan Krekot Bunder, kemudian pindah ke Jalan Hayam Wuruk dan kini berada di Jalan Hasyim Ashari No 13 B. Sang koki memasak untuk Pondok Djaja dari awal buka hingga kini berusia 85 tahun.

Sedangkan RM Sepakat yang dirintis dari warung daerah Panglima Polim kini berada di samping Blok M Square. Terdapat hidangan Minang yang langka di sini, yakni Gulai Gajebo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com