Selain Ketupat, Ini Fungsi Lain Janur untuk Makanan di Masa Lampau

Kompas.com - 24/06/2017, 12:05 WIB
Jelang Lebaran, Harga Bahan Baku Ketupat Merangkak Naik Pramdia Arhando JuliantoJelang Lebaran, Harga Bahan Baku Ketupat Merangkak Naik
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan daun kelapa muda atau janur melonjak drastis saat bulan Ramadhan. Kebutuhan janur kelapa tak lain digunakan untuk membuat ketupat di Hari Raya Idul Fitri.

Tak hanya untuk membuat ketupat, ternyata janur kelapa memiliki fungsi lain untuk makanan di zaman lampau.

"Orang-orang Jawa sangat menghargai pohon kelapa. Dulu setiap rumah wajib punya pohon kelapa, karena dianggap semua bagian kelapa berguna untuk kehidupan manusia," kata ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito saat dihubungi KompasTravel, Jumat (23/6/2017).

Masyarakat Jawa di zaman lampau menanam kelapa agak berjauhan dari atap rumah, agar buahnya tak jatuh menimpa atap. Ketika memerlukan bahan bagunan, batang kelapa dapat diambil. Begitu pula ketika membutuhkan santan, sapu lidi, dan alat membawa barang (cangking).

"Daun kelapa yang warnanya kuning agak putih itu jika dianyam memberi aroma yang khas pada barang di dalamnya. Begitu pula pada makanan," kata Murdijati.

Alhasil janur kelapa tersebut seringkali difungsikan sebagai alat membawa makanan khususnya ke lokasi yang cukup jauh.

Murdijati menggambarkan janur kelapa dianyam berbentuk ketupat namun terus menyambung hingga membentuk kalung. Diisi beras, lalu direbus. Maka pejalan akan mengalungkan ketupat tersebut di leher. Jika lapar tinggal membuka untaian kalung ketupat dan menyantapnya.

Ada pula cara lain yakni menggunakan janur kelapa, yakni dianyam membetuk tas kiso (tas membawa ayam jago), untuk membawa makanan sepulang dari kenduri (selamatan). Aroma daun janur akan semakin menambah nikmat makanan tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X