Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2017, 19:10 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KOMPAS.com - Bosan dengan tempat wisata yang artifisial di kota-kota, apalagi anda yang mudik dari Jakarta, ada baiknya menjajal agenda wisata yang satu ini. Namanya wisata petik kopi, tentu saja tempatnya di kebun kopi.

Kampoeng Kopi Banaran (KKB) nama tempatnya, terletak di Jalan Raya Bawen-Solo Km 1,5 Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sangat mudah dijangkau, baik melalui jalan nasional ataupun jalan tol.

Jika diakses dari jalan nasonal hanya lima menit dari Terminal Bawen arah ke Salatiga, sedangkan dari Gerbang Tol Bawen kurang lebih juga sama waktu tempuhnya.

"Kebetulan pada musim libur Lebaran ini, tempat kami sedang panen. Buah kopinya mayoritas sudah berwarna merah dan siap petik," kata Humas Kampoeng Kopi Banaran, Dicky Pramudito, Jumat (23/6/2017) siang.

(BACA: Yuk, Lihat Pembuatan Gula Jawa di Kampung Kopi Banaran)

Berdiri di tengah kebun kopi seluas 40 hektar milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, Kampoeng Kopi Banaran tidak hanya menyediakan kopi yang terbaik, tetapi sekaligus juga edukasi bagi pengunjung yang ingin mengetahui seluk beluk tanaman kopi.

Seorang guide akan menjelaskan bagaimana budidaya tanaman kopi ini mulai cara tanamnya, panen, produksi, hingga kopi tersaji dalam sebuah cangkir.

Bahkan jika beruntung, pengunjung juga bisa juga melihat langsung aktivitas pemetik buah kopi yang tengah memilih buah kopi yang siap di panen.

(BACA: Melancong ke Candi Pawon, Jangan Lupa Minum Kopi Luwak)

"Jika mau berkeliling kebun kopi kami sudah sediakan kereta wisata dengan tarif Rp 75.000 untuk satu kereta wisata berkapasitas paling banyak 6 orang. Pengunjung akan diajak berkeliling kebun sekitar 30 hingga 45 menit," ungkapnya.

Hanya berkeliling dan melihat-lihat tanaman kopi? Tentu tidak. Kereta wisata juga akan membawa pengunjung ke beberapa spot menarik untuk berfoto, di antaranya top selfie sangkar burung dan yang top selfie dengan lanskap pegunungan serta Rawapening.

KOMPAS.COM/SYAHRUL MUNIR Pengunjung Kampoeng Kopi Banaran (KKB) tengah menikmati paket wisata petik kopi. Kampoeng Kopi Banaran terletak di Jalan Raya Bawen-Solo Km 1,5 Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
"Saat berhenti mereka bisa foto-foto maupun berinteraksi dengan para pemetik buah kopi yang sedang beraktivitas," ujar Dicky.

Selain wisata petik kopi, para pengunjung juga wajib menjajal wahana baru yang ada di Kampoeg Kopi Banaran saat libur Lebaran tahun ini. Yakni BMX Track, sebuah wahana bersepeda di jalur bergelombang.

"Selain edukatif, berwisata di Kampoeng Kopi Banaran ini sekaligus memperbaiki kualitas asupan oksigen yang bersih ke paru-paru kita," tambah Dicky. Jadi tunggu apa lagi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com