Kompas.com - 27/06/2017, 11:11 WIB
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com
– Bersilahturahmi ke kerabat dan sanak saudara di kampung halaman adalah tradisi lebaran yang biasa umat muslim Indonesia lakukan. Namun, karena perayaan Idul Fitri dibarengi libur sekolah dan cuti bersama karyawan, masyarakat pun memanfaatkan liburan ini untuk berwisata atau traveling.

Nah, agar lebih berkesan sebaiknya Anda mendokumentasikan liburan tersebut ke dalam format vlog—video blog. Siapa tahu saja, konten yang Anda buat itu bisa dilirik sponsor sehingga mendatangkan uang. Bagaimana caranya?

Hasil olah dan analisa data Globel WebIndex pada 2015 menyatakan, hampir 50 persen masyarakat berusia 16-34 tahun lebih memilih menjadi penonton setia tayangan vlog.

Sementara itu, penghasilan pembuatan vlog travel pun cukup menggiurkan. Contoh saja Arief Muhammad. Menurut socialblade, travel vlogger—pembuat vlog dengan konten perjalanan—yang juga berprofesi sebagai penulis ini diperkirakan mampu meraup pendapatan Rp 455 juta - Rp 7,2 milliar per tahun.

Penerimaan itu berasal dari iklan muncul pada tayangan vlog yang mereka upload di YouTube. Angka tersebut belum termasuk penghasilan dari kerja sama vlogger dengan brand produk yang mensponsori perjalanan wisata mereka.

Namun, untuk bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu, vlogger harus mampu mempopulerkan kontennya. Oleh karenanya, konten yang disajikan ke publik harus menarik dan tidak membosankan.

Strategi membuat konten vlog

Durasi video adalah salah faktor penting keberhasilan pembuatan konten vlog. Hal ini diamini pemilik situs travel thisworldrock.com Dan.

Menurut dia, agar tidak membosankan sebaiknya konten vlog maksimal berdurasi tiga menit.

“Ingat Anda bukan mengambil gambar atau membuat film utuh,” kata Dan seperti ditulis thetravelhack.com, Senin (31/3/2014).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.