Kompas.com - 28/06/2017, 11:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

GARUT, KOMPAS.com - Mau mengisi libur Lebaran dengan mandi sauna alami, Kawah Kamojang. Kawah ini berlokasi di Desa Sukalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dengan hanya membayar Rp 7.500 per orang, Anda bisa mandi sauna alami dari uap yang keluar dari tanah yang ada di kawasan Kawah Kamojang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makan bersama keluarga di pinggiran hutan Kamojang dan melihat kawah kereta yang merupakan bekas sumur bor panas bumi yang sudah tidak terpakai dengan suara khasnya.

Fahri Rahmawan (21) warga Lembang Bandung mengaku sengaja datang ke kawah Kamojang untuk melihat langsung kawah dan merasakan mandi sauna alami.

"Ini yang kedua kali kesini, mandi uapnya enak bikin badan terasa enteng karena keluar keringat semua," katanya.

Menurut Fahri, rasa mandi sauna alami di kawah Kamojang memang berbeda dengan mandi sauna di spa. Panas dari uap kawah bisa membuat keringat keluar dengan baik, karena pori-pori kulit terbuka oleh panasnya uap kawah.

"Di sini kan dingin, jadi bisa sekalian menghangatkan badan juga, jadi lebih segar habis sauna," katanya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berkumpul di Kawah Hujan yang termasuk di area Taman Wisata Alam Kawah Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/9/2016). Di Kawah Hujan, wisatawan bisa menikmati pancaran uap layaknya sauna.

Yasmi (39), pengunjung lainnya dari Sentul, Bogor yang baru pertama kali ke kawah Kamojang mengaku senang dengan udara kawasan hutan Kamojang yang segar. Anaknya pun sengaja dibawa untuk ikut mandi uap di Kawah Kamojang.

"Mudah-mudahan bisa jadi obat buat anak saya," kata ibu satu orang anak tersebut.

Kawasan hutan Kamojang sendiri, menurut Yasmi, enak dijadikan tempat kumpul keluarga sambil membawa bekal makanan dan makan bersama. Pengelola destinasi wisata tersebut sepertinya sengaja menyediakan tanah-tanah lapang dengan rumput hijau yang segar.

"Banyak yang bawa bekal makan-makan sama keluarga disini, emang tempatnya cocok, buat santai keluarga," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.