Sensasi "Trekking" di Kali Kuning Lereng Merapi

Kompas.com - 28/06/2017, 15:12 WIB
Para wisatawan saat bermain air di Umbul Lanang, salah sau mata air di lereng Gunung Merapi, Jumat (16/6/2017). Trekking Kali Kuning di lereng Merapi tidaklah begitu jauh, hanya sekitar 30 menit saja. KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMAPara wisatawan saat bermain air di Umbul Lanang, salah sau mata air di lereng Gunung Merapi, Jumat (16/6/2017). Trekking Kali Kuning di lereng Merapi tidaklah begitu jauh, hanya sekitar 30 menit saja.
|
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Erupsi Gunung Merapi 2010 wilayah lereng Selatan menjadi salah satu destinasi wisata dengan nama Volcano Tour Gunung Merapi.

Destinasi ini pun menjadi salah yang diminati wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara setiap musim liburan.

Di Lava Tour Kinahrejo, Sleman, DI Yogyakarta, wisatawan dapat menyaksikan antara lain rumah juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan, Batu Alien, Bunker Kali Adem dan museum. Wisatawan bisa menyewa mobil adventure atau motor trail untuk menuju lokasi-lokasi tersebut.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan melihat rindangnya alam lereng Merapi dan pemandangan berupa sisa-sisa material erupsi 2010.

(BACA: Mengagumi Keelokan Merapi dari Talang River)

Seiring berjalannya waktu, tidak hanya Bunker Kali Adem, rumah almarhum Mbah Maridjan, dan Batu Alien yang dapat dinikmati oleh para wisatawan saat berwisata di lereng Merapi sisi Selatan.

Untuk mengisi libur lebaran, ada satu lagi yang layak dicoba bagi yang menyukai wisata alam yakni menikmati trekking Kali Kuning.

(BACA: Kedai Kopi di Tengah Lanskap Erupsi Gunung Merapi)

Eko Budianto, salah satu pengelola penyewaan Motor Trail dan Mobil Adventure "Belantara" di Volcano Tour Gunung Merapi mengatakan saat ini ada beberapa tambahan lokasi kunjungan di Kinahrejo.

"Sekarang ada trekking Kali Kuning. Ini destinasi baru, berjalan kaki menyusuri keindahan alam sepanjang Kali Kuning," ujar Eko Budianto, Jumat (16/6/2017).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X