Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keindahan Puncak Becici, Lokasi yang Diminati Obama

Kompas.com - 28/06/2017, 16:30 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu lokasi yang diminati Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama adalah Puncak Becici yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasinya dari Pusat Kota Yogyakarta sekitar 30 km bisa melalui jalan Yogyakarta- Wonosari, lewat puncak Patuk ke kanan. Jalan yang naik turun dan berkelok mengharuskan wisatawan yang akan berkunjung mempersiapkan kendaraan prima.

Hutan pinus seluas 4,4 hektar ini memiliki hawa sejuk. Puncak Becici, merupakan salah satu lokasi dari Blok Mangunan yang terdiri dari 7 blok yang dikelola masyarakat untuk wisata.

"Untuk Puncak Becici fokus pada kegiatan alam outbound dan panorama," kata Ketua Operator Kawasan Puncak Becici, Sugandi saat ditemui di Puncak Becici, Rabu (28/6/2017).

(BACA: Berlibur di Yogyakarta, Obama Akan Kunjungi Puncak Becici Dlingo)

Di hutan pinus ini pengunjung bisa menikmati sunset pada sore hari. Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati dari kejauhan Candi Prambanan pada bagian utara dan selatan pantai selatan.

"Sore hari waktu paling bagus jika ingin menikmati panorama di sini," kata Sugandi.

(BACA: Inilah Museum UGM yang Menjadi Saksi Masa Kecil Obama)

Lokasi yang dikelola sekitar 40 warga sekitar sejak tahun 2015 ini awalnya merupakan hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola sebagai lokasi wisata akhir 2015 sudah tidak disadap.

Dengan rata-rata kunjungan hari biasa sekitar 700 orang, untuk hari libur biasa sekitar 1.500 orang, kawasan ini mampu mengubah perekonomian warga sekitar. Pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp 2.000 dan parkir sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 20.000.

Di sini pengunjung bisa menikmati panorama alam dan fasilitas yang ditawarkan seperti mushala, toilet, dan outbound.

Warga menyewakan hammock Rp 20.000 per dua jam. Untuk hammock bertingkat dari Rp 15.000 hingga Rp 60.000. "Kunjungan pada libur lebaran kemarin sampai 3.000 orang," katanya.

Dari pantauan KompasTravel, ribuan wisatawan memadati Puncak Becici sejak pagi hari. Sebagian besar merupakan wisatawan lokal yang kebetulan mudik.

"Kebetulan kerja di Jakarta dan mudik. Lalu mengajak keluarga ngadem di Puncak Becici," kata Agus, wisatawan asal Klaten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com