Menikmati "Sunset" di Pantai Oesapa Ditemani Jagung Bakar

Kompas.com - 29/06/2017, 08:04 WIB
Menikmati sunset diPantai Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (27/6/2017). KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BEREMenikmati sunset diPantai Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (27/6/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com - Pantai Oesapa yang terletak di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT) memang sangat eksotis. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Pusat Kota Kupang.

Untuk menuju lokasi pantai itu tidaklah susah, karena bisa ditempuh dengan menggunakan semua jenis kendaraan. Jarak dari jalan protokol Timor Raya menuju Pantai Oesapa kurang lebih 500 meter.

Ketika berada di pantai itu, setiap orang yang berkunjung akan merasa betah karena disuguhkan pemandangan indah dengan pasir putih yang menawan.

Terdapat pula sejumlah pendopo kecil dan juga belasan pedagang yang berjejal di sepanjang pantai sambil menjajakan jagung bakar, pisang gepeng, minuman panas dan dingin berbagai jenis, lengkap dengan hiburan musik dan karaoke.

Pantai Oesapa mungkin saat ini menjadi satu-satunya ruang terbuka di Kota Kupang, sehingga setiap hari terutama menjelang sore akan ramai dikunjungi ratusan orang warga. Ada warga yang sekedar makan, minum, mendengar musik dan menikmati sunset bahkan bermain sepak bola.

Aktivitas warga di Pantai Oesapa pun tidak hanya berlangsung pada sore hari saja, tetapi bisa sampai tengah malam, bahkan dini hari apabila pada malam Minggu.

Para pedagang, menjajakan makanan dan minuman hingga pukul 23.00 Wita, sedangkan pedagang yang membuka tempat karaoke bisa sampai dini hari.

Keindahan Pantai Oesapa menjadi daya tarik sendiri karena latar belakang ribuan pohon lontar yang berdiri kokoh di sepanjang pantai.  Di dekat Pantai Oesapa, terdapat dua pantai lainnya yakni Pantai Batu Nona dan Pantai Lasiana.

KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Pantai Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (27/6/2017).
Namun saat ini, warga justru lebih memilih mengunjungi Pantai Oesapa karena selain akses menuju ke pantai lebih cepat dan mudah, juga tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Salah seorang warga Kota Kupang Lusi Radja, mengaku hampir setiap hari bersama keluarganya mengunjungi wilayah itu.

Menurutnya selain menikmati keindahan pantai, ia juga bisa berbelanja kebutuhan dapur, karena di pantai itu juga ada pasar tradisional yang menjual aneka macam keperluan sehari hari.

"Kalau di Kota Kupang, tempat wisata yang paling bagus, murah dan mudah dijangkau ya Pantai Oesapa. Di sini kita bisa menikmati sunset sambil makan jagung bakar dan mendengar musik," kata Lusi kepada KompasTravel, Selasa (27/6/2017) petang.

Lusi pun berharap, pemerintah Kota Kupang bisa menata lagi pantai tersebut menjadi lebih baik lagi, terutama soal sampah yang sampai saat ini masih memenuhi pantai itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X