Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Menikmati Hidangan Kuliner Malam di Solo

Kompas.com - 29/06/2017, 18:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - Memanjakan lidah di malam hari mungkin merupakan pantangan bagi sebagian orang. Namun jika harus berhadapan dengan ragam kuliner Solo, bisa jadi Anda berubah pikiran dari diet.

Ragam hidangan malam ini akan memanjakan lidah Anda meski di waktu istirahat. Berikut KompasTravel rangkum kuliner Solo yang bisa Anda cicipi pada tengah malam.

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seporsi gudeg cakar, salah satu kuliner Solo/Surakarta yang buka dini hari.
1. Gudeng Cakar Mergoyudan

Sepintas memang gudeg ini tak berbeda dengan Gudeg Jogja. Namun setelah Anda cicipi akan terasa perbedaannya.

Gudeg Cakar Mergoyudan memiliki cita rasa gurih dari nasi hingga lauknya, hanya sedikit rasa manis di gudeg, dan pedas dari sambal goreng kreceknya.

Gudeg ini berlokasi di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa, dan SMA Negeri 1 Surakarta. Gudeg Cakar buka mulai buka pukul 01.30 dini hari, tetapi bisa habis hanya dalam waktu dua jam saja. Meski begitu, ia juga memiliki beberapa cabang di Solo.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.
2. Nasi Liwet Solo

Nasi ini merpakan salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Solo. Nasi yang termasuk golongn nasi gurih ini dijajakan mulai pagi hingga malam hari di beberapa titik di Solo.

Salah satunya yang tak pernah sepi ialah di Nasi Liwet Bu Sarmi. Nasi liwet ini buka dua kali dalam satu hari, mulai pukul 00.00–12.00 WIB siang, dan mulai pukul 18.00–00.00 WIB malam.

Nasi liwet ini letaknya cukup strategis, di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, kawasan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Meski begitu, Nasi Liwet Solo bisa Anda temui banyak disekitar Kraton Mangkunegaraan, Solo Baru, hingga Desa Menuran, Sukoharjo, yang merupakan tempat lahirnya nasi liwet solo.

Silvita Agmasari Jack Rudy, sajian susu murni dicampur sirop cokelat dan jahe dari Shi Jack, Solo.
3. Susu Shi Jack

Kenyang menyantap makanan, kini Anda harus mencoba minumannya. Munuman segar olahan susu murni dari Boyolali ini diracik dengan apik di Kota Solo.

Terkenal dengan nama Susu Shi Jack, kedai yang sudah memiliki beberapa cabang di Solo ini tersohor karena kesegaran susunya. Selain itu juga karena ragam menunya yang sangat banyak. Ada 50 menu susu yang bisa Anda pilih.

Shi Jack beroperasional dari pukul 18.00 sampai pukul 00.30 WIB. Selain di Jalan Radjiman, Shi Jack membuka cabang di Jalan Veteran.

Tak hanya aneka susu segar yang diracik dengan berbagai campuran, Shi Jack juga menjajakan makanan ringan seperti aneka sate dan gorengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com