Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajar Saja kalau Obama Suka Makan Pepes...

Kompas.com - 29/06/2017, 21:18 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka, di antara banyaknya makanan khas Nusantara, Barack Obama ternyata punya tiga hidangan favorit yang diungkapkan oleh adik tirinya, Maya Soetoro Ng.

"Memang beliau gemar sekali dengan masakan Indonesia tertutama bakso, ikan pepes, sambal tempe," kata Maya dalam wawancara bersama wartawan BBC Indonesia, Endang Nurdin, Jumat (20/1/2017).

Pepes kesukaan Obama ternyata punya kisah yang cukup unik. Disebutkan oleh Koki Haryo Pramoe adalah hidangan favorit generasi X (lahir tahun 1965-1980) dan sebelumnya.

(BACA: Obama, Ayo Icip 4 Kuliner Ikonik Yogyakarta...)

"Ketika tahun 1940 dan 1950-an industri kelapa sawit belum populer. Jadi pada waktu itu makanan yang paling sering dihidangkan di meja makan keluarga, sampai era tahun 70-an itu adalah pepes," kata Haryo saat dihubungi KompasTravel, Kamis (29/6/2017).

(BACA: Tak Hanya Obama, Banyak Tokoh Dunia yang Pernah Mengunjungi Borobudur)

Industri kelapa sawit di Indonesia yang berkembang pada tahun 1970-an, akhirnya memopulerkan teknik memasak baru yaitu teknik goreng. Perlahan pepes mulai tergantikan oleh hidangan goreng dengan tekstur garing.

KOMPAS.COM/DIMAS WAHYU Pepes ikan, olahan dari ikan belida yang dikukus di Rumah Makan Sarinande, Palembang.
"Makanya penggemar pepes itu biasanya usia 30 tahun ke atas, karena era tersebut masih merasakan era pepes. Kelahiran milenial tidak lagi menikmati pepes, karena dianggap kuno dan kurang garing untuk makanan," ungkap Haryo.

Obama kecil yang akrab disapa Barry pernah tinggal di Indonesia pada tahun 1967 hingga tahun 1971. Bisa jadi pada masa kecilnya, Obama akrab dengan hidangan pepes.

Sebagaimana yang disebutkan Haryo, pepes kerap hadir di meja makan keluarga Indonesia hingga tahun 1970. Namun siapa sangka, ikan pepes bergitu berkesan bagi Obama meski puluhan tahun tinggal di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com