Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi, Obama, Bakso, dan Teh Hangat...

Kompas.com - 01/07/2017, 09:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Ketika dua pemimpin bertemu dalam suasana santai, riang, penuh kekeluargaan dan persahabatan, semua ikut tersenyum. Awan mendung yang menyelimuti Kota Bogor, Jawa Barat pun serasa lebih hangat sore itu.

Perjumpaan Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (30/6/2017) sore menjadi perhatian publik.

Obama yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru muda dipadukan dengan celana panjang berwarna gelap tiba di Istana Kepresidenan Bogor pukul 15.30 WIB.

(BACA: Asal-usul Pepes, Salah-satu Makanan Kesukaan Obama)

Kedatangan Obama disambut langsung oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta putra Presiden, Kaesang Pangarep.

Saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Obama terlebih dahulu mengisi buku tamu dan kemudian memasuki ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor untuk kemudian berbincang santai di beranda belakang.

(BACA: Ini yang Membuat Obama Memilih Makan di Bumi Langit)

Selanjutnya, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih mengajak Obama menuju Grand Garden Cafe yang berjarak sekitar 1 kilometer dari kawasan Istana Bogor dengan menggunakan mobil golf.

Mantan presiden AS Barack Obama (kiri) didampingi Presiden Joko Widodo menaiki mobil boogey saat berkunjung ke Kebun Raya yang berdekatan dengan kompleks Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Kunjungan itu digelar di sela kedatangan Obama ke Jakarta setelah sebelumnya menyambangi Bali dan Yogyakarta dalam rangka liburannya bersama keluarga di Indonesia.AFP PHOTO / POOL / AGOES RUDIANT Mantan presiden AS Barack Obama (kiri) didampingi Presiden Joko Widodo menaiki mobil boogey saat berkunjung ke Kebun Raya yang berdekatan dengan kompleks Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Kunjungan itu digelar di sela kedatangan Obama ke Jakarta setelah sebelumnya menyambangi Bali dan Yogyakarta dalam rangka liburannya bersama keluarga di Indonesia.
Tiba di kafe yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi dan Obama menikmati hidangan teh dan beragam jajanan pasar, seperti onde-onde, talam ubi, kue mangkok, panada cakalang, dan lemper ayam.

Saat tengah berbincang selama 10 menit, hujan pun turun. Mereka pindah ke ruangan balkon kafe. Kali ini, bakso kuah menjadi jamuan yang menemani perbincangan keduanya di tengah hujan yang mengguyur kawasan Bogor.

(BACA: Obama, Ayo Icip 4 Kuliner Ikonik Yogyakarta...)

Setelah berbincang cukup lama, Presiden Jokowi dan Obama pun mengakhiri pertemuan tersebut dengan berfoto bersama. Pukul 16.30 WIB, Obama meninggalkan Kebun Raya Bogor untuk kembali ke Jakarta.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan di tengah-tengah liburannya ke Indonesia, Obama meluangkan waktu untuk minum teh bersama Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor.

Retno menjelaskan bahwa undangan Presiden Jokowi kepada Obama sudah mulai disampaikan sejak awal 2015. 

Mantan presiden AS Barack Obama (kiri) didampingi Presiden Joko Widodo (tengah) dan Ibu Negara Iriana Widodo saat kunjungan ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Kunjungan itu digelar di sela kedatangan Obama ke Jakarta setelah sebelumnya menyambangi Bali dan Yogyakarta dalam rangka liburannya bersama keluarga di Indonesia.AFP PHOTO / POOL / ADEK BERRY Mantan presiden AS Barack Obama (kiri) didampingi Presiden Joko Widodo (tengah) dan Ibu Negara Iriana Widodo saat kunjungan ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Kunjungan itu digelar di sela kedatangan Obama ke Jakarta setelah sebelumnya menyambangi Bali dan Yogyakarta dalam rangka liburannya bersama keluarga di Indonesia.
Setelah Obama tidak menjabat lagi sebagai presiden, Presiden Jokowi kembali mengundang Obama untuk berlibur ke Indonesia. "Presiden mengirim undangan tertulis kepada Obama untuk berlibur ke Indonesia," ujar Retno.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com