Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa Sepanjang Jalur Pantura Jawa

Kompas.com - 02/07/2017, 08:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Pulang mudik lewat jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa, ragam camilan khas berbagai daerah bisa menjadi opsi oleh-oleh untuk keluarga.

Ragam olah-oleh tersebut bisa didapatkan mulai dari daerah Surabaya - Lamongan - Solo - Semarang - Pekalongan - Cirebon - Subang. Berikut rangkumannya dari KompasTravel.

1. Surabaya

Di Kota Pahlawan ini Anda bisa membawa pulang Sambal Bu Rudy, yang memiliki banyak rasa ragam dan ukuran pedas. Selain itu ada petis, kerupuk udang, dan bandeng asap. Toko sambal dan aneka panganan khas ini ada di Jalan Dharmahusada No. 140, Surabaya.

Sedangkan untuk penyuka manis, Anda bisa membeli Almond Crispy dan Lapis Surabaya. Ciri khas dari kue lapis ini adalah warna tiga lapisnya, yakni kuning, coklat, kuning. Salah satu tempatnya yang legendaris ialah "Spikoe Resep Kuno" di Jalan Rungut Madya 41, Surabaya.

Surabaya juga punya oleh-oleh sandang khas lho. Baju dengan desain unik bertuliskan kata-kata khas Surabaya bisa Anda dapatkan di gerai Cak Cuk, Jalan Dharmawangsa 35.

Selain tempat-tempat tersebut, tempat yang lain yang komplit dengan oleh-oleh Surabaya ada di Pasar Turi dan Pasar Atom. Namun, kedua tempat tersebut hanya buka hingga sore hari.

Spikoe Resep Kuno Kue lapis legendaris dari Spikoe Resep Kuno cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Surabaya.
2. Lamongan

Terkenal dengan Soto Lamongan, ternyata kota ini juga punya camilan khas yan bisa Anda bawa pulang saat mudik.

Salah satunya ialah wingko lamongan. Meski hampir serupa dengan wingko babat atau wingko semarang, wingko lamongan memiliki cita rasa dan komposisi kelapa yang berbeda.

Untuk mencoba kelezatannya, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan. Salah satu produsen wingko yang tersohor ialah Arjuno. Dari jalan tersebut, masuk gang Arjuno no 33.

KOMPAS/ALIF ICHWAN Proses pembuatan surabi.
3. Solo

Melirik kota ini, perasaan Anda akan selalu tertuju pada kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh ialah Surabi Notosuman. Bisa dibeli di kawasan Kampung Notosuman, tepatnya di perbatasan Kampung Notosuman dengan Kratonan.

Selain itu ada Batik Solo yang bisa dibeli di Kampung Batik Laweyan. Selain itu, terdapat ragam oleh-oleh lain seperti serundeng, abon solo, intip, aneka kripik, dan brem solo. Anda bisa mendapatkannya di Sentra Oleh-oleh Jalan Kalilarangan dan Pasar Klewer Sementara.

4. Semarang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com