Jangan Ditiru! Kelakuan Buruk Turis Indonesia di Candi Borobudur

Kompas.com - 04/07/2017, 08:24 WIB
Candi Borobudur KOMPAS.COM/AMIR SODIKINCandi Borobudur
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku turis Indonesia saat berwisata kembali menjadi sorotan. Kali ini, perbuatan turis Indonesia tengah duduk di bangunan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menjadi perbincangan di dunia maya.

Perbincangan diawali oleh sebuah unggahan foto turis Indonesia yang tengah duduk di bangunan Candi Borobudur seorang netizen bernama Khaterine Cai di akun media sosial Facebook.

Ia mengeluhkan perilaku turis Indonesia yang berpotensi merusak bangunan Candi Borobudur. "Saya sengaja posting pake bahasa Indo aj, biar yg baca juga cuma org Indo jg. Hari ini 29 Jun 2017, pukul 5 sore, saya mengunjungi Borobudur untuk menikmati sunset, tp bukan bikin sy happy, malah bikin stress!! Serius lho," tulis Khaterine.

(BACA: Tak Hanya Obama, Banyak Tokoh Dunia yang Pernah Mengunjungi Borobudur)

Ia menyebut Candi Borobudur sebagai bangunan tua. Katherine mempertanyakan tentang pembatasan wisatawan yang masuk per hari ke Candi Borobudur.

"(Candi Borobudur) rame banget kyk lautan manusia, smuanya kyk di hutan manjat2 di Borobudur.. Apakah dia akan bertahan sampai anak cucu kita? Kan bisa dibatasi dr pengelola sehari cm jual 1000 tiket, atau skalian harga tiketnya yg dimahalkan," lanjut Khaterine.

(BACA: Pakai Aplikasi Ponsel, Pengelola Candi Borobudur Akan Batasi Wisatawan)

Ia mengatakan manusia saat ini tak bisa membangun ulang Candi Borobudur. Ia menyayangkan bahwa turis Indonesia saat ini hanya bisa merusak Candi Borobudur setiap harinya.

"Orang tua yg tidak bisa mengajari anaknya, ketika anak menjadi liar dia tidak akan merasa bersalah karena orang tua sendiri memberikan contoh juga untuk manjat-manjat & duduk di tempat yg sudah jelas ditulis "DILARANG DUDUK!!" tambahnya.

(BACA: Untuk Orang Thailand, Candi Borobudur Itu Sangat Terkenal...)

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X