Kompas.com - 04/07/2017, 10:49 WIB
Bunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum milik Rumah Perubahan di Bekasi, Jawa Barat kembali mekar pada Senin (3/7/2017). Wisatawan dipersilahkan untuk melihat fenomena mekarnya bunga bangkai raksasa. Dok. Rumah PerubahanBunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum milik Rumah Perubahan di Bekasi, Jawa Barat kembali mekar pada Senin (3/7/2017). Wisatawan dipersilahkan untuk melihat fenomena mekarnya bunga bangkai raksasa.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum milik Rumah Perubahan di Bekasi, Jawa Barat kembali mekar, Senin (3/7/2017). Wisatawan dipersilakan untuk melihat fenomena mekarnya bunga bangkai raksasa.

Hal itu diungkapkan oleh Public Relation Rumah Perubahan, Dinar Wulandari kepada KompasTravel, Senin (3/7/2017). "Ini bunga bangkai mekar yang kelima. Yang keempat mekar di bulan Juni kemarin tanggal 14 jenis titanum," kata Dinar melalui pesan singkat.

Saat mekar kali ini, lingkaran mahkota Amorphophallus titanum mencapai 1 meter, tingginya mencapai 2,5 meter.

(BACA:  Ketika Bunga Bangkai Raksasa Indonesia Jadi Primadona di Royal Botanic Gardens Melbourne)

Menurut Dinar, Amorphophallus titanum yang mekar ini merupakan bunga yang ditanam sejak 7 tahun lalu. "Ini sudah mekar fase sempurna. Mekarnya tak akan lama. Sekitar 48 jam," jelasnya.

Rumah Perubahan sendiri memiliki beragam koleksi bunga bangkai. Selain Titanum, Rumah Perubahan juga mengoleksi jenis Gigaz, Murelis dan Variabilis. Sedangkan jenis Murelis yang ukurannya kecil (namun berwarna indah) sudah biasa berbunga.

"Kami perbolehkan wisatawan datang, tapi diperkirakan besok (Selasa) sudah fase layu bunganya. Wisatawan mungkin paling lama datang siang hari," tambahnya.

Amorphopallus titanum merupakan tanaman endemik Sumatera yang dapat dibudidayakan di dataran rendah yang bercuaca panas, seperti di Bekasi atau Jakarta. Pengelola Rumah Perubahan bisa dihubungi di nomor (021) 845 90010 dan (021) 843 04579.

Wisatawan bisa menghubungi nomor tersebut untuk memastikan kondisi mekarnya Amorphophallus titanum.

Rumah Perubahan terletak di Jl. Raya Hankam, Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat tepatnya di dalam Gang Masjid di samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Dari Gang Masjid hingga pintu masuk Rumah Perubahan berjarak sekitar 200 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.