Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Ini 8 Hal Penting Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Kompas.com - 06/07/2017, 07:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Prosedur keamanan di bandara harus ditaati oleh para pejalan. Demi kelancaran, ada beberapa hal yang baiknya dipersiapkan atau dihindari saat pemeriksaan keamanan di bandara.

Delapan hal berikut dapat mempercepat proses untuk masuk ke ruang tunggu penerbangan dan mempermudah calon penumpang tak terkecuali petugas bandara:

1. Bawa cairan dalam jumlah yang ditentukan

Khusus penerbangan internasional, jangan membawa cairan lebih dari 100 mililiter. Membawa cairan dalam jumlah lebih dari itu, dipastikan akan disita oleh petugas keamanan bandara. Hanya ada pengecualian untuk obat-obatan dan susu untuk bayi dalam aturan ini.

(BACA: Fasilitas Tak Biasa di Bandara Terbaik Sedunia)

Cara lain yang diizinkan adalah cairan yang dibungkus rapat dari gerai bebas pajak (duty free) itupun dalam jumlah yang ditentukan oleh bandara asal dan tujuan.

2. Pegang tiket dan kartu identitas Anda

Sebelum masuk antrean, pegang tiket dan tanda pengenal Anda. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemeriksaan keamanan dan antrean.

3. Lepas ikat pinggang, jaket, jam tangan, dan kalau perlu sepatu

Beda negara, beda peraturan tentang benda menempel di tubuh yang perlu dilepas. Di Indonesia ikat pinggang, jam tangan, serta jaket adalah benda yang harus dilepas dari tubuh dan diperiksa di mesin x-ray. Lepas benda tersebut di luar antrean, agar tak repot.

4. Pisahkan elektronik berukuran besar

Elektronik dengan ukuran cukup besar seperti laptop, konsol permainan, atau kamera video perlu dikeluarkan dari tempatnya untuk di cek oleh pihak keamanan. Pastikan elektronik berukuran kecil juga tak berada di kantung Anda.

5. Jangan pakai sandal

Lebih baik hindari menggunakan sandal untuk penerbangan internasional, daripada berurusan dengan rentetan pertanyaan dari pihak keamanan yang memperpanjang waktu pemeriksaan.

6. Periksa jarak gerbang keberangkatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com