Ini Dia 24 Oleh-oleh Kekinian Milik Artis di Berbagai Kota - Kompas.com

Ini Dia 24 Oleh-oleh Kekinian Milik Artis di Berbagai Kota

Kompas.com - 08/07/2017, 10:04 WIB
Salah satu varian rasa Cirebon Sultana yakni Double Chocolate.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu varian rasa Cirebon Sultana yakni Double Chocolate.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke sebuah daerah, tak afdol tanpa membawa buah tangan. Saat ini muncul berbagai gerai oleh-oleh kekinian milik sederet artis. Tak tanggung-tanggung, gerai oleh-oleh tersebut hadir di berbagai kota di Indonesia.

Puluhan artis tampaknya memanfaatkan popularitas mereka untuk memperkenalkan oleh-oleh kekinian. Tak tanggung-tanggung, sampai berita ini dinaikkan, terdapat 23 produk oleh-oleh kekinian dari para publik figur tersebut.

Masih ada belasan gerai yang belum dibuka. Beberapa artis memang bernaung di bawah satu manajemen.

Sejak pertengahan 2016, hampir setiap bulan terdapat acara pembukaan dari produk oleh-oleh tersebut. Tiap gerainya langsung diserbu pembeli, hingga antrean mengular. Bahkan tak jarang pengunjung antre sampai lima dan enam jam.

Hampir setiap kota besar di Indonesia memiliki oleh-oleh kekinian. Bahkan dalam satu kota, ada yang sampai tiga produk. Berikut kompilasi 23 produk oleh-oleh kekinian milik artis Indonesia dari berbagai kota:

MALANG

1. Strudel Malang - Teuku Wisnu

Strudel Malang milik Teuku Wisnu buka sejak 20 Desember 2014. Terinspirasi dari baklava khas Eropa, ia memodifikasinya dengan lapis pastry dan isi buah-buahan. Salah satunya apel malang.

Kue ini hadir dalam tujuh isian rasa yaitu nanas, apel, pisang coklat, keju, strawberry, jeruk, dan mixfruit yang dijual dengan harga Rp 45.000. Beralamat di Jalan Raya Ardimulyo, Singosari, Malang, Jawa Timur.

2. Queen Apple Malang - Farah Quinn

Queen Apple malang merupakan pastry berisikan apel malang berbentuk selai dan potongannya. Queen Apple terdiri dari tiga varian yaitu cokelat, kayu manis, dan keju. Anda sudah bisa membelinya sejak 20 Mei 2017.

YOGYAKARTA

3. Jogja Scrummy - Dude Herlino

Dibuka sejak Juni 2016, Jogja Scrummy merupakan kue dengan komposisi brownies yang ditumpuk puff pastry dengan isian aneka rasa, seperti mangga, talas, cokelat, srikaya, keju, dan karamel. Dijual dengan harga Rp 45.000.

Gerai ini punya beberapa cabang yaitu di Jalan Kaliurang, Jalan Katamso, Malioboro, dan di Terminal A Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

4. Mamahke Jogja - Zaskia Adya Mecca

Buka sejak 7 Mei 2017, kedai ini berlokasi di Taman KT 1/329, Selatan Tamansari, Jogjakarta. 
Mamahke Jogja merupakan kue dengan lapis pastry aneka rasa. Seperti tiramisu, cheese, red velvet, choco banana, green tea, double chocolate. Harganya dijual Rp 55.000 – Rp 60.000.

MEDAN

5. Medan Napoleon - Irwansyah

Medan Napoleon dibuka sejak Oktober 2016. Kue ini sebenarnya merupakan kue khas Rusia, yaitu Napoleon Cake yang merupakan kue perayaan kemenangan Rusia atas penyerbuan pasukan Napoleon Bonaparte. Dijual mulai harga Rp 52.000 - Rp 75.000.

Medan Napoleon hadir dalam sembilan varian rasa yaitu Banana Crezy, Cheese, Caramel, Durian, Green Tea, Red Velvet, Great Chocolate, Tiramisu dan Premium Cheese. Dapat dibeli di Jalan Wahid Hasyim No 46/35, Medan.

SURABAYA

6. Surabaya Snowcake - Zaskia Sungkar

Dibuka sejak tanggal 7 Januari 2017, ciri khas kue ini ialah taburan bubuk gula putih di atasnya. Surabaya Snowcake menjual lima varian rasa antara lain O'Cheese (polos), Cheese, Choco Greentea, Caramel, Choco Banana dan Vanilla. Dijual mulai harga Rp 55.000 - Rp 59.000. Dapat dibeli di Jalan Flores No 15, Surabaya.

7. Surabaya Patata - Ria Ricis & Oki Setiana Dewi

Kue ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 20 sentimeter dan ketebalan 8 sentimeter. Surabaya Patata menggunakan semacam filling atau isian krim di bagian lapisan tengahnya. Dengan varian rasa nutella, green tea, black, cheese, dan banana peanut.

Dibuka pada tanggal 13 Mei 2017, Surabaya Patata melakukan grand launching di kedainya Jalan Dharmahusada No 187, Surabaya. Dijual seharga Rp 65.000 - Rp 68.000.

MAKASSAR

8. Makassar Baklave - Irfan Hakim

Gerai kue ini resmi dibuka sejak 9 Januari 2017. Makasar Baklave merupakan pastry khas Turki berbentuk bulat yang biasa disebut Filo, dipadu cotton cake lembut dengan lima varian isi yang dapat dipilih. Ada banana fluffy, tutti fruity, royal chocolate, rich cheese, dan oreo blast.

Bisa dibeli seharga Rp 65.000 per box, di Jalan Sultan Hasanuddin No 31, Makassar.

9. Bosang Makassar - Ricky Harun

Dibuka sejak 15 Januari 2017 , Bosang adalah cake dengan pastry dan cream di bagian tengah. Anda dapat memilih tujuh varian rasa yaitu Durian, Coklat, Pisang, Green Tea, Keju, Red Velvet dan Lemon. Harga yang ditawarkan adalah Rp 55.000 untuk semua varian, kecuali Durian yang dibandrol seharga Rp 70.000. Gerai ini beralamat di Jalan Ratulangi nomer 106, Makassar.

BANDUNG

10. Bandung Makuta - Laudya Cynthia Bella

Bandung Makuta dibuka pada 5 Maret 2017. Makuta menjadikan pastry sebagai wadah kuenya, bolu di tengah, dengan topping krim aneka rasa. Antara lain blueberry, chocolate, cheese, extra cheese, lemon dan caramel.

Bandung Makuta dijual mulai dari harga Rp 55.000 - Rp 65.000, dan berlokasi di Jalan Van Deventer No. 2, Bandung. Saking ramainya toko ini melakukan tiga kali produksi dalam sehari.

11. Bandung Kanaya - Amy Qanita dan Keluarga

Mulai dibuka sejak 26 Juni 2017, Bandung Kanaya berlokasi di Jalan Cihampelas No 316. Bandung Kanaya merupakan kue butter spoon dengan beberapa rasa seperti lemon, mint, cokelat dan yang lainnya. Uniknya ia dimakan dengan selai dalam toples yang disediakan. Dijual Rp 50.000 satu paketnya.

12. Princess Cake – Syahrini

Mulai dibuka sejak 21 Juni 2017, dengan peluncuran menggunakan helikopter Syahrini. Kue ini hampir sama seperti yang lainnya berisi lapisan pastry, bolu, dan topping krim. Berada di Jalan Cihampelas No 120, Bandung.

BOGOR

13. Bogor Raincake - Shireen Sungkar

Dibuka sejak 8 April 2017, Raincake ini berwujud bolu dengan isian aneka rasa dan topping rasa cheese vanilla, red taro, crispy chocolate, dan green tea ovomaltine yang dibandrol mulai dari harga Rp 65.000 - Rp 68.000. Berada di Jalan Padjajaran No 31, Babakan, Bogor Tengah.

CIREBON

14. Cirebon Sultana - Indra Bekti

Cirebon Sultana resmi dibuka pada 28 April 2017. Dibandrol seharga Rp 55.000 per box. Sultana hadir dalam lima varian rasa, yaitru cheese, mango, double chocolate, blueberry, dan chocobanana.  Kiosnya berada di Jalan Kartini No 5, Cirebon.

15. Cirebon Kelana - Ussy Pratama

Cirebon Kelana berwujud bolu berlapis pastry rasa dengan topping di atasnya. Anda bisa memilih tujuh varian rasa, yakni gedong kaya, cheese lovers, duren puff, red velvet, choco vanilla, double choco crunchy, dan green tea redbean. Cirebon Kelana buka sejak 21 Mei 2017, di Jalan Siliwangi 169, Cirebon.

PONTIANAK

16. Lamington Pontianak - Glenn Alienski

Lamington sendiri merupakan kue asal Australia, yang dimodifikasi dengan rasa-rasa yang bisa diterima lidah orang Indonesia. Lamington Pontianak hadir dalam aneka rasa yakni original, greentea, keju, dan durian.

Berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No 116, Bangka Belitung Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

PALEMBANG

17. Queenroll Palembang - Sandra Dewi

Meniru Japanese Cheese Cake, Queenroll ini berisikan selai yang lembut dan pastry crunchy di bagian luar. Ada beberapa varian rasa seperti cheese lovers, greentea, salted peanut butter, pineapple, choco melt, dan rasa durian. Berada di Jalan Talang Kerangga No 26, kue ini dijual seharga Rp 58.000 - Rp 65.000.

DEPOK

18. Gigi Eat Cake - Nagita Slavina & Raffi Ahmad 

Berbentuk kue bolu lapis, dengan bagian berupa lapisan crunchy seperti adonan pie, ditambah rasa manis dari icing sugarnya. Varian rasanya pandan, berry, coklat kuadrat, coklat keju, dan pisang susu.

Gigi Eat Cake dibanderol dengan harga Rp 55.000, berada di Jalan Margonda Raya No 27, Kota Depok, Jawa Barat

SOLO

19. Solo Pluffy - Jessica Mila

Kedai kue ini buka sejak 16 Juni 2017, berlokasi di Jalan Ronggowarsito No 145, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Solo Pluffy memiliki aneka varian kue yang terdiri dari beberapa rasa meliputi original, cheese, green tea cornflake, dan strawberry.

JAKARTA

20. Vava Cake - Titi Kamal

Vava Cake cukup berbeda karena bukan berbentuk pastry, melainkan bolu gulung dengan banyak varian rasa. Vava Cake dijual secara online di Jakarta dan pemesanannya dilakukan secara pre-order. Menawarkan varian rasa chocolate, mocca, pandan, red velvet nougat, mocca nougat, dan masih banyak lainnya.

BIsa dipesan secara online melalui kontak yang berada di media sosialnya. Harga satu kue dibanderol Rp 60.000.

SEMARANG

21. Semarang Wife Cake - Chelsea Olivia

Semarang Wife Cake berbentuk bulat seperti pie tapi berlapis pastry. Di tengahnya terdapat varian rasa, yaitu green tea, chocomelt, cheese, lemon, dan choconut. Mulai dibuka sejak 31 Mei 2017, menawarkan harga Rp 58.000.

JAMBI

22. Jambi Jambe - Sarwendah

Mulai diperjual belikan sejak 17 Juni 2017, kue bernama jambe ini merupakan bolu dengan pastry dan topping di atasnya. Varian rasanya blueberry, strawberry coklat, mocca, dan cheese.

Dengan kisaran harga Rp 55.000 – Rp 59.000, Anda bisa membelinya di Jalan Kolonel Amir Hamzah No 34, Sungai Kambang, Kota Jambi.

LAMPUNG

23. Lampung Banana - Henky Kurniawan

Dari namanya, kue ini memang berbahan dasar pisang. Kue bolu pisang ini tersaji dalam berbagai jenis yaitu Banana Foster Caramelized, Banana Foster Cheese, Banana Foster Chocolate, Banana Foster Peanut, dan Banana Foster Nutella.

Dijual dengan harga Rp 45.000 - Rp 55.000 per loyang, Lampung Banana bisa dibeli di Jalan Wolter Mongosidi No 115 Kota Lampung.

KENDARI

24. Pisjo Cake - Arzeti Bilbina

Kue dengan lapisan bolu tebal, yang berisi pisang ijo. Dengan pastry di atasnya dan topping kacang mete dan cokelat. Dijual seharga Rp 70.000.


EditorSri Anindiati Nursastri

Close Ads X