Kompas.com - 08/07/2017, 20:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Jawa Barat mewajibkan calon pendaki untuk mengurus surat keterangan kesehatan di tempat yang telah ditunjuk secara resmi per tanggal 6 Juli 2017.

Tempat tersebut adalah Klinik Edelweis Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran SE.860/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/07.2017 yang diterbitkan tanggal 6 Juli 2017.

Surat tersebut ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Adison.

"Kenapa kita ambil alih? Sering terjadi kecelakaan dalam pendakian. Kecelakaan itu ada kematian, ada yang luka, perlu digotong dan sebagainya. Ternyata naiknya yang bersangkutan itu karena salah satunya itu ada unsur tak sehat," kata Adison kepada KompasTravel, Jumat (6/7/2017).

Sebelumnya, calon pendaki bisa mengurus surat kesehatan di tempat lain sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk melakukan pendakian dari jauh-jauh hari. Adison menambahkan, saat ini pendaki dihimbau mengecek kesehatan di Klinik Edelweis sebelum memulai pendakian.

"Selama ini surat keterangan sehat itu dari jauh hari sebelum pendakian. Pas hari pendakian itu sudah tak sehat tapi dipaksakan naik. Itu sering terjadi. Surat kesehatan itu jadi tak update lagi," jelasnya.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan sebelum pendakian juga bisa memastikan calon pendaki yang tengah menstruasi. Pasalnya, pihak BBTNGGP seringkali menemukan pendaki wanita yang tak sehat ketika mendaki saat masa menstruasi.

"Contohnya pendaki wanita yang sudah dewasa, haid, tetep akan naik. Bagi yang naik sedang haid, 90 persen itu kena masalah. Saat mens itu keluar darah kotor terus menerus, yang bisa mengurangi daya tahan tubuh. Itu bisa mengakibatkan pingsan. Itu sering kecolong kita. Sekarang tak bisa lagi, kita screening," tambahnya.

Lewat kebijakan ini, Adison menegaskan pengelolaan surat keterangan kesehatan untuk mendapatkan kepastian kondisi kesehatan calon pendaki. Klinik Edelweis tersebut terletak di dekat Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas. Selama masa soft launching, klinik buka sampai pukul 17.00 WIB.

"Ke depannya, kami akan buka 24 jam. Sedang kami siapkan sumber daya manusianya," ujar Adison.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.