Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Juli, Ada Festival Tanaman Hias di Bogor

Kompas.com - 10/07/2017, 06:01 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir bulan Juli, tepatnya 29-30 Juli 2017, akan diselenggarakan acara Flori Indonesia 2017 di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. Dengan tajuk 'Kebangkitan Florikulturan Indonesia', akan ada banyak rangkaian kegiatan menarik untuk para pecinta tanaman hias.

"Tujuan Florikultura untuk memberi informasi kepada masyarakat mengenai potensi dari florikultura atau tanaman hias yang ada di Indonesia. Ini tahun pertama diadakannya Florikultura, setelah tahun lalu kami melaksanakan Fruit Indonesia," jelas Koordinator Mahasiswa, Rofi'uddin saat dihubungi KompasTravel, Minggu (9/7/2017).

Ajang Flori Indonesia 2017, disebutkan Rofi'uddin, juga diharapkan dapat mengundang stakeholder terkait untuk mendukung perkembangan florikultura di Indonesia.

Ada banyak rangkaian acara di Flori Indonesia 2017. Seperti lomba merangkai bunga, bursa pertanian dan kuliner, karnaval dengan pawai, lomba mobil hias, lomba marching band, lomba fashion show, dan acara bincang-bincang seputar florikultura.

Waktu penyelenggaraan Flori Indonesia selama dua hari, dari hari Sabtu 29 Juli 2017 hingga Minggu, 30 Juli 2017 akan dimulai sejak pukul 07.00-17.00 WIB di Lapangan IPB Baranangsiang dan di sekeliling Kebun Raya Bogor.

Sektor agribisnis khususnya florikultura (tanaman bunga hias) selama periode 2010-2016 tercatat memiliki peningkatan produksi, produktivitas, luas area tanam, dan penyerapan tenaga kerja yang terus meningkat di Indonesia.

Dari Flori Indonesia menyebutkan produksi dan produktivitas berbagai komoditas florikultura rata-rata meningkat sekitar 27 persen per tahun, luas tanam meningkat 15 persen per tahun, nilai PDB florikultura meningkat 12 persen. Nilai ekspor mencapai lebih dari 20 juta dollar AS, dan penyerapan tenaga kerja mencapai lebih dari 0,75 juta orang.

Namun perkembangan tersebut tak terlepas dari masalah, sehingga ajang Flori Indonesia diharapkan dapat menjadi gerbang kebangkitan florikultura Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com