Tahukah Anda Warna Asli Patung Liberty?

Kompas.com - 11/07/2017, 16:02 WIB
Ilustrasi Amerika Serikat ShutterstockIlustrasi Amerika Serikat
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini Patung Liberty terkenal sebagai ikon dari Kota New York, Amerika Serikat. Saking terkenalnya, bentuk Patung Liberty menjadi familiar. Menyerupai wanita yang mengenakan mahkota, sebelah tangannya mengangkat obor tinggi-tinggi, dan bewarna hijau kebiruan. Namun penelitian baru-baru ini menyebutkan jika warna asli Patung Liberty bukan biru kehijauan seperti sekarang.

American Chemical Society membuat video yang menjelaskan ilmu pasti di balik evolusi Patung Liberty. Dalam video tersebut dijelaskan jika patung yang memiliki tinggi 93 meter ini mengantung 30 ton copper alias tembaga. Satu Patung Liberty dapat membuat sekitar 435 juta koin satu sen dollar jika dilebur ulang.

Karena kandungan tembaga tersebut, warna asli Patung Liberty yang sesungguhnya adalah merah kecoklatan. Sama persis dengan warna uang satu sen dollar.

"Menaruh Lady Liberty di udara terbuka menghasilkan efek oksidasi dan dalam tiga puluh tahun awal, mengubah tampilannya," begitu penjelasan dari American Chemical Society seperti dilansir dari Lonely Planet.

BACA: Patung Liberty Bisa Dinikmati Lagi

Apalagi, Patung Liberty ditempatkan persis di Pelabuhan New York yang mengarah ke laut. Kombinasi oksigen, hujan, dan air laut membuat warna Patung Liberty berubah menjadi seperti sekarang. Nyatanya, sampai saat ini, wacana untuk mengubah Patung Liberty menjadi warna yang semula masih terus diperdebatkan.

Patung Liberty adalah patung bersejarah, pemberian Perancis kepada Amerika Serikat pada tahun 1886. Patung Liberty melambangkan beberapa hal, seperti kemerdekaan dan kebebasan, sampai simbol selamat datang bagi imigran dan orang Amerika Serikat yang kembali ke kampung halamannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X