Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kekurangan "Online Travel Agent" untuk Pesan Tiket Pesawat?

Kompas.com - 13/07/2017, 20:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital mengubah banyak elemen dalam kehidupan, termasuk cara membeli tiket pesawat. Munculnya Online Travel Agent (OTA) menjadi alternatif favorit untuk membeli tiket pesawat, selain juga hotel dan tiket masuk tempat wisata.

Namun tak ada yang sempurna, ada hal yang dipangkas oleh OTA jika dibanding saluran lain untuk membeli tiket pesawat.

"Itulah yang masih jadi kendala di beberapa kejadian yang terjadi di sistem pembukuan lewat online, karena konsumen tidak dapat secara langsung interaksi," kata Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo), Rudiana saat dihubungi KompasTravel, Kamis (13/7/2017).

BACA: Ada Keanehan dalam Proses Refund Tiket Pesawat Lion Air Milik Fyra

Menurut Rudiana, tak ada interaksi antara penjual dan pembeli tiket pesawat dapat menyulitkan pembeli jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan. Meskipun Rudiana tak memungkiri saat ini ada beberapa OTA yang menyediakan layanan operator yang dapat dihubungi via telfon.

"Intinya yang terbaik adalah beli tiket di travel agent ,atau kalaupun OTA adalah OTA yang dapat dipercaya, sudah punya nama dan ada sarana untuk interaksinya," jelas Rudiana.

Baru-baru ini viral di media sosial kejadian refund tiket maskapai Lion Air milik orang tua Fyra Sahrir. Fyra diketahui membeli tiket pesawat tersebut melalui Traveloka.

Pihak Fyra saat dihubungi KompasTravel, Kamis (13/7/2017) mengaku akan melakukan pertemuan dengan pihak Traveloka dalam waktu dekat. "Iya betul mbak (akan didatangi pihak Traveloka). Untuk bicarakan persoalannya dengan kuasa hukum kami," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com