Kompas.com - 15/07/2017, 16:20 WIB
|
EditorFikria Hidayat


BOGOR, KOMPAS.com - Desa Katulampa di Bogor Timur, Kota Bogor, tidak hanya dikenal dengan bendungannya, ada magnet baru yaitu kampung warna-warni.

Permukiman bantaran Katulampa, anak sungai pecahan bendungan di Kali Ciliwung, yang dulunya memiliki identitas padat dan kusam, kini telah berubah cantik aneka warna dan ragam lukisan dinding atau mural.

Sejak April 2017, kampung mulai ramai dikunjungi wisatawan. Mereka menikmati warna-warni kampung dengan dua cara, yaitu dengan berjalan kaki menyusuri gang atau mengarungi sungai menggunakan ban karet atau biasa disebut river tubing.

“Anak-anak ke sini paling senang main air pakai ban, sungainya sekarang jadi bersih dan di pinggirnya asyik lihat warna-warni,” ujar Yayuk, pengunjung warga Tanah Baru, Bogor.

Menurutnya, dia bersama keluarga yang dulunya hanya lewat saja, sekarang berhenti dan tak takut main di sungai.

Benar saja, sejak warga setempat swadaya menata kampung mereka, otomatis sungai menjadi bersih. Kesadaran warga tidak membuang sampai ke sungai, perlahan muncul dengan sendirinya karena sungai telah menjadi objek wisata alam.

Anak-anak bermain river tubing di kampung warna-warni Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (14/7/2017).KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Anak-anak bermain river tubing di kampung warna-warni Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (14/7/2017).

Wisata keluarga

Kampung ini tampak ramai dikunjungi keluarga. Setiap sore, para orang tua membawa anak-anak bermain di sungai yang airnya masih bersih. Di kampung tersedia fasilitas wc dan ruang ganti untuk umum serta persewaan ban karet untuk main tubing.

Anak-anak dari umur 2 - 5 tahun bisa mandi dengan aman di arus air ringan dan dangkal sambil bermain batu kerikil. Sedangkan usia 5 tahun ke atas, tentu lebih seru bermain arus lebih deras menggunakan ban karet.

Akses menuju kampung warna-warni ini terbilang sangat mudah, jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dari Terminal Baranangsiang di pusat Kota Bogor. Ada rute menarik bagi wisatawan yaitu melewati kawasan wisata belanja dan agro di Jalan Raya Tajur. Nah, tinggal pilih, mau belanja atau main tubing dulu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.