Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Tantangan? Ikuti Amazing Garut Jenggala Mud Track

Kompas.com - 20/07/2017, 16:37 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Jika anda menyukai tantangan berkegiatan di alam bebas bersama keluarga atau teman, coba ikuti Amazing Garut Jenggala Mud Track yang akan digelar di kawasan hutan lindung Situ Cibeureum, Arboretum di Kecamatan Samarang, Garut pada 26 Agustus 2017.

Dik Dik Hendrajaya, Ketua Panitia Amazing Garut Jenggala Mud Track mengungkapkan, acara ini digelar untuk mengenalkan olahraga di alam bebas yang bisa dilakukan bersama keluarga atau teman.

Peserta pun dibuat dalam kelompok kecil dengan masing-masing kelompok beranggotakan tiga orang.

"Ini kegiatan wisata alam, bergembira, bersuka ria, di alam dengan jalan-jalan sepanjang kurang lebih 5 kilometer melintasi berbagai rintangan, tapi bukan lomba," katanya.

Panitia, menurut Dik Dik, menargetkan peserta hanya 350 grup. Jumlah ini disesuaikan jumlah panitia serta tim pendukung dari tim kesehatan dan keamanan. Untuk menjamin keselamatan peserta, panitia pun memberikan asuransi selama kegiatan.

Adapun rintangan bagi peserta yang akan dihadapi di antaranya melintasi sungai kecil, kubangan lumpur hingga seluncuran luncur. Di beberapa track peserta pun harus melintasi rintangan tiarap dan juga halang rintang.

Ajang Mud track yang digelar Jenggala ini diklaim sebagai ajang yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Apalagi ajang ini lebih menekankan kebersamaan dan bersenang-senang bukan ajang lomba.

"Di luar negeri lomba seperti ini berkembang seperti Mud Run dan lainnya, di Indonesia pun pernah digelar yang sifatnya lomba. Tapi kita lebih pada ajang senang-senang bersama," katanya.

Ke depan, tambah Dik Dik, kawasan hutan lindung Cibeureum yang saat ini dikelola oleh Perhutani bisa lebih dikembangkan untuk kepentingan wisata alam dan edukasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com