Kompas.com - 20/07/2017, 16:37 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

GARUT, KOMPAS.com - Jika anda menyukai tantangan berkegiatan di alam bebas bersama keluarga atau teman, coba ikuti Amazing Garut Jenggala Mud Track yang akan digelar di kawasan hutan lindung Situ Cibeureum, Arboretum di Kecamatan Samarang, Garut pada 26 Agustus 2017.

Dik Dik Hendrajaya, Ketua Panitia Amazing Garut Jenggala Mud Track mengungkapkan, acara ini digelar untuk mengenalkan olahraga di alam bebas yang bisa dilakukan bersama keluarga atau teman.

Peserta pun dibuat dalam kelompok kecil dengan masing-masing kelompok beranggotakan tiga orang.

"Ini kegiatan wisata alam, bergembira, bersuka ria, di alam dengan jalan-jalan sepanjang kurang lebih 5 kilometer melintasi berbagai rintangan, tapi bukan lomba," katanya.

Panitia, menurut Dik Dik, menargetkan peserta hanya 350 grup. Jumlah ini disesuaikan jumlah panitia serta tim pendukung dari tim kesehatan dan keamanan. Untuk menjamin keselamatan peserta, panitia pun memberikan asuransi selama kegiatan.

Adapun rintangan bagi peserta yang akan dihadapi di antaranya melintasi sungai kecil, kubangan lumpur hingga seluncuran luncur. Di beberapa track peserta pun harus melintasi rintangan tiarap dan juga halang rintang.

Ajang Mud track yang digelar Jenggala ini diklaim sebagai ajang yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Apalagi ajang ini lebih menekankan kebersamaan dan bersenang-senang bukan ajang lomba.

"Di luar negeri lomba seperti ini berkembang seperti Mud Run dan lainnya, di Indonesia pun pernah digelar yang sifatnya lomba. Tapi kita lebih pada ajang senang-senang bersama," katanya.

Ke depan, tambah Dik Dik, kawasan hutan lindung Cibeureum yang saat ini dikelola oleh Perhutani bisa lebih dikembangkan untuk kepentingan wisata alam dan edukasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.