Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat Pedas, Asin, sampai Menyegarkan... Berani Coba?

Kompas.com - 20/07/2017, 19:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pecinta cokelat, berburu cokelat unik merupakan hal yang mengasyikkan. Ragam kuliner di Indonesia sendiri sangat banyak yang menggunakan kreasi cokelat.

Salah satu tempat untuk menemukan ragam cokelat unik ialah di Hotel Gran Melia, Jakarta. Di cafe El Bombon and Lobby Lounge, mulai 17-31 Juli 2017, disajikan ragam kreasi cokelat secara buffet bertajuk "Chocolate Fiesta".

Berikut beberapa jenis cokelat unik yang bisa dicicipi di El Bombon and Lobby Lounge.

1. Chili Chocolate with Orange Marmalade

Mendengar namanya saja, mungkin Anda sudah menduga kalau rasa cokelat ini akan pedas. Benar saja, chili chocolate ini memang terbuat dari bubuk kakao dan bubuk cabai khusus.

Uniknya rasa pedas tidak langsung terasa saat dilahap. Anda akan merasakannya di akhir lahapan (after taste), setelah manis menyelimuti lidah.

Rocksalt Chocolate, merupakan perpaduan dark cokelat dengan garam rocksalt dan esens jeruk, lalu dilapis cangkang cokelat putih, di Gran Melia, Jakarta, Selasa (18/7/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Rocksalt Chocolate, merupakan perpaduan dark cokelat dengan garam rocksalt dan esens jeruk, lalu dilapis cangkang cokelat putih, di Gran Melia, Jakarta, Selasa (18/7/2017).
2. Caramel Salted Praline

Kreasi cokelat ini juga unik, dari namanya mengandung salt atau garam. Namun sang pembuatnya, Head Pastry Chef dari Gran Melia Hotel, Aa Kuswara mengatakan bukan garam biasa yang dipakai agar menghasilkan rasa yang padu.

"Karena manis cokelat dan asin garam itu bentrok, pakainya garam rocksalt. Selain perpaduannya harus pas, di tengah rasa yang ekstrem tadi asin dan manis harus ada penengah. Saya kasih orange," jelasnya pada KompasTravel, Selasa (18/7/2017).

Alhasil saat Anda mengigit putih cangkangnya akan terasa manis lalu sedikit asam jeruk untuk menghantarkan kita ke asinnya rocksalt. Sungguh cita rasa yang unik.

3. Kirsch Butter Choco Powder

Kreasi cokelat yang satu ini amat lunak seperti kirsch butter, tanpa cangkang, sehingga permukaannya akan mengikuti bentuk tempat dimana dia berada.

Meski begitu cokelat ini tidak lengket di luar seperti krim. Karena menggunakan bubuk cokelat yang melapisinya.

Cokelat kelapa yang berisi ekstrak kelapa dan dark cokelat, dibalut cokelat yang menyerupai tempurung kelapa.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Cokelat kelapa yang berisi ekstrak kelapa dan dark cokelat, dibalut cokelat yang menyerupai tempurung kelapa.
4. Coconut Chocolate

Cokelat berpadu dengan gurihnya kelapa. Di dalam lelehan cokelat ini terdapat rasa gurih dari kelapa, meskipun tipis. Untuk memuaskan gigitan Anda, sang chef menghadirkan jelly kelapa di bagian dalam lapisan cokelatnya. Sehingga saat digigit akan terasa kenyalnya jelly tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com