Kompas.com - 21/07/2017, 09:44 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergelaran karnaval fashion kelas dunia, Jember Fashion Carnaval (JFC) kembali diselenggarakan di Jember, Jawa Timur pada 9-13 Agustus 2017. Pada penyelenggaraan tahun ke-16 ini JFC mengambil tema 'Victory Unity in Diversity'.

"Victory Unity in Diversity adalah lambang kemenangan, karena JFC sudah berhasil mendapatkan 13 penghargaan tingkat dunia. Kalau bukan rencana Tuhan Yang Maha Esa, tidak akan kami mencapai ini," kata Presiden JFC, Dynand Fariz saat di acara jumpa pers Jember Fashion Carnaval ke-16 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Kamis (20/7/2017).

(BACA: Kementerian Pariwisata Tetapkan Jember Sebagai Kota Karnaval)

Dalam acara yang sama, Bupati Jember Faida mengungkapkan jika JFC menjadi bagian penting dalam pembangunan pariwisata di Jember. Hingga Jember kini identik dengan JFC.

"Dengan adanya JFC, ekonomi kreatif jadi tumbuh subur. Juga acara ini tidak eksklusif bagi Jember saja. JFC bersifat inklusi, tidak hanya bisa diikuti oleh orang kaya atau ganteng dan cantik saja. Semua kalangan sampai yang berkebutuhan khusus bisa ikut. Kreativitas adalah milik semua orang yang mau, bukan yang mampu," ungkap Faida.

Defile Ikebana dalam Jember Fashion Carnival (JFC) ke-14, Minggu (30/8/2015).KOMPAS.COM/AHMAD WINARNO Defile Ikebana dalam Jember Fashion Carnival (JFC) ke-14, Minggu (30/8/2015).
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan JFC adalah karnaval terbaik di Indonesia dengan tingkat dunia. Kementerian Pariwisata bertanggung jawab akan karnaval yang memiliki nilai budaya serta komersial ini.

Penyelenggaraan JFC selama lima hari, rencananya akan meliputi empat kegiatan yakni pameran, karnaval, konferensi, dan konser.

Puncaknya adalah Grand Carnival yakni karnaval dengan kostum berbagai tema, termasuk kostum istimewa tahun ini bertema dari Sumatera Selatan yang dibawakan dalam panggung terpanjang di dunia, sepanjang 3,6 kilometer. Dynand mengatakan ada sekitar 2.000 peserta dan tim bantu yang terlibat dalam JFC.

JFC pertama kali diselenggarakan tahun 2001. Sejak saat itu, JFC rutin diselenggarakan setiap tahun dan telah menyabet 13 penghargaan tingkat internasional, termasuk di ajang Miss Universe sebagai kostum nasional terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.