Lembah Asri Serang, Sepotong Surga di Kaki Gunung Slamet

Kompas.com - 22/07/2017, 08:07 WIB
Lembah Asri Desa Serang, di Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.ARSIP HUMAS POLRES CILACAP Lembah Asri Desa Serang, di Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Halimun lembut mengepung gugusan bukit di sekeliling kaki Gunung Slamet. Udara sejuk menyelinap ke bilik-bilik rongga dada lewat setiap tarikan nafas. Kebun teh nan hijau terhampar luas, mengheningkan pesona dalam khidmat alam persada.

Panorama surga inilah yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Lembah Asri, Desa Wisata Serang, Purbalingga, Jawa Tengah.

Terlebih, dengan letaknya yang berada di jalur alternatif Banyumas-Pantura, Lembah Asri Serang menjadi rekomendasi utama bagi Anda yang tengah melakukan perjalanan lintas-Jawa untuk berkunjung sekaligus rehat sejenak.

Sebab, untuk sampai Lembah Asri Serang hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota atau atau 10 menit dari jalan raya Purbalingga-Pemalang.

(BACA: Sugito, Merajut Desa Mandiri di Lereng Slamet)

Di Lembah Asri, pengunjung dapat mencoba banyak wahana menarik, seperti high rope, flying fox, ATV bike, hingga kereta odong-odong.

Tak hanya moda transportasi diesel, di sana juga ada kuda-kuda jinak yang siap mengantar wisatawan berkeliling kebun teh.

(BACA: Menikmati Surga di Selat Pantar, Alor)

“Jika wisatawan yang memang ingin berjalan kaki sambil menikmati udara segar, kami sediakan Lorong Cinta berupa setapak yang dipenuhi bunga-bunga cantik untuk berfoto,” kata Kepala Desa Serang, Sugito.

Ada sebuah embung (danau buatan) di Lembah Asri. Di sana pengunjung dapat mencoba perahu kayuh sembari melihat refleksi gagahnya Gunung Slamet dari pantulan air.

Tak hanya itu, di Lembah Asri pengunjung juga dapat menikmati sensasi memetik buah stroberi langsung di kebunnya. “Ada satu kudapan unik yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Lembah Asri, namanya mendoan stroberi, di mana buah stroberi diubah menjadi gorengan,” ujarnya.

Meskipun murah, namun paket-paket wisata di Lembah Asri dijamin tidak murahan. Berikut daftar peket dan harga tiket wisata di Lembah Asri Desa Serang.

Tiket Desa Wisata Serang: High Rope Rp 50.000, Flying Fox Rp 20.000, ATV Bike Rp 15.000, berkuda Rp 15.000, kebun stroberi Rp 25.000.

Namun, ada beberapa catatan dari KompasTravel yang dapat menjadi pertimbangan wisatawan yang hendak berkunjung. Berhati-hatilah karena akses jalan menuju Lembah Asri Serang ini sangat curam dan berliku.

Selain itu, pengelolaan lahan parkir yang belum terlokalisir dapat membuat pengunjung bingung.

Dan terakhir, di beberapa sudut berbahaya seperti hutan pinus, belum ada pengamanan yang cukup bagi wisatawan agar tidak terlalu dekat dengan bibir jurang.



EditorI Made Asdhiana

Close Ads X