Grojogan Sewu, Air Terjun yang Menyimpan Kisah Mahabarata

Kompas.com - 22/07/2017, 20:14 WIB
Grojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (Tribun Jogja/Gilang Satmaka) TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKAGrojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)
EditorI Made Asdhiana

WATES, KOMPAS.com - Kabupaten Kulon Progo di DI Yogyakarta mempunyai sederet tempat wisata yang menawarkan beragam keindahan panorama alam.

Beragam destinasi wisata dengan ciri khas panorama alam yang menawan banyak menjadi tujuan para wisatawan ketika berkunjung ke Kulon Progo.

Salah satu tempat dengan panorama alam yang menawan di Kulon Progo yaitu ialah Grojogan Sewu.

(BACA: Bertualang ke Air Terjun Tumpak Sewu, Wow Indahnya...)

Grojogan Sewu merupakan wisata air terjun yang masih sangat alami. Nuansa sekitarnya pun masih sangat menyatu dengan alam.

Selain keindahan alam yang memesona tersebut, ternyata Grojogan Sewu memiliki cerita sejarah yang menarik.

(BACA: Serunya Menjelajahi Dasar Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang)

Setiagit, pengelola lokasi wisata Grojogan Sewu menceritakan, konon menurut cerita turun-temurun dari sesepuh masyarakat bahwa Grojogan Sewu tersebut memiliki kaitan yang erat dengan legenda pewayangan Mahabarata.

Grojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Grojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.
Air terjun yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut konon menjadi tempat pertapaan Prabu Baladewa.

"Menurut cerita turun-temurun di masyarakat, dulu Grojogan sewu ini merupakan tempat Baladewa bertapa saat perang Baratayuda," ujar Setiagit.

Menurut informasi yang ia dapat, konon Prabu Kresna, adik dari Prabu Baladewa meminta kakaknya Prabu Baladewa untuk bertapa di Grojogan Sewu.

Kresna meminta Prabu Baladewa bertapa agar kakaknya tersebut tidak ikut dalam perang Baratayuda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X