Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Velana di Maladewa, Sederhana tetapi...

Kompas.com - 22/07/2017, 21:15 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

MALE, KOMPAS.com - Bandara Internasional Velana (kode IATA: MLE, kode ICAO: VRMM) di Maldives atau Maladewa yang berjarak sekitar 700 km barat daya Sri Lanka terkesan sederhana untuk ukuran bandara internasional.

Namun jangan terkecoh dengan kondisi bandara. Lihatlah pesawat yang datang dan pergi. Rata-rata pesawat yang tiba berukuran besar, sebut saja Airbus 330 dan Boeing 777 dari maskapai Emirates atau Singapore Airlines.

Pesawat A-330 Singapore Airlines di Bandara Internasional Velana, Maladewa, Jumat (14/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat A-330 Singapore Airlines di Bandara Internasional Velana, Maladewa, Jumat (14/7/2017).
Pesawat tersebut tiba dan berangkat dengan membawa penuh penumpang.

Dibuka pada 12 April 1966 bandara ini mulanya bernama Bandara Internasional Male. Lantas pada 26 Juli 2011 berganti nama menjadi Bandara Internasional Ibrahim Nasir.

Berikutnya pada 1 Januari 2017, Presiden Abdulla Yameen mengubah nama bandara menjadi Bandara Internasional Velana. Bandara yang berada di Pulau Hulhule ini memiliki landasan pacu sepanjang 3.200 meter.

Bandara Internasional Velana di Maladewa, Jumat (14/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Bandara Internasional Velana di Maladewa, Jumat (14/7/2017).
Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang menjadikan pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian.

Bandara Velana merupakan pintu masuk jika wisatawan datang ke Maladewa menggunakan pesawat terbang.

Duty free shop di Bandara Internasional Velana, Maladewa, Senin (17/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Duty free shop di Bandara Internasional Velana, Maladewa, Senin (17/7/2017).
Saat KompasTravel beserta dua media dari Jakarta tiba di Bandara Velana, Jumat (14/7/2017) tengah malam, setelah 4 jam terbang dari Singapura, kami langsung keluar bandara menuju dermaga sambil melawan rasa ngantuk.

Boat dari Club Med Kani Maldives telah menunggu di dermaga. "Kita langsung malam ini menuju resor. Perjalanan sekitar 30 menit," kata Mely Dentinarahmi, selaku Marketing & Sales Support Executive Club Med Indonesia.

Club Med Kani Maladewa menyiapkan boat untuk antar-jemput tamu dari Bandara Velana menuju resor.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Club Med Kani Maladewa menyiapkan boat untuk antar-jemput tamu dari Bandara Velana menuju resor.
Selain tamu dari Indonesia, boat milik Club Med Kani Maldives itu juga membawa enam wisatawan mancanegara.

Tak berapa lama melajulah boat membelah ombak menyibak malam meninggalkan Bandara Internasional Velana menuju resor Club Med Kani... 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com