Kompas.com - 24/07/2017, 11:46 WIB
Wisatawan berada di kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5/2017). KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Wisatawan berada di kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5/2017).
EditorI Made Asdhiana

SIDOARJO, KOMPAS.com - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Sidoarjo menargetkan 2 juta wisatawan berkunjung ke Kota Delta. Terutama ke kawasan lumpur Lapindo dan sentra tas-sepatu kulit Tanggulangin.

Kepala Disporabudpar Sidoarjo, Djoko Supriyadi, mengatakan kunjungan wisatawan ke Sidoarjo pada 2016 mencapai 1,8 juta wisatawan. Angka itu ditargetkan naik 200.000 wisatawan sampai akhir 2017 ini.

"Kami optimistis tembus 2 juta wisatawan, sebab sampai semester pertama ini sudah tembus 60 persen dari target," kata Djoko di Sidoarjo, Minggu (23/7/2017).

(BACA: Rawon Kalkulator sampai Rawon Setan Harus Anda Coba di Surabaya)

Djoko menuturkan pihaknya akan mempercantik beberapa spot di kawasan lumpur Lapindo agar wisatawan bisa lebih nyaman mengujungi fenomena alam tersebut.

Spot itu nanti dipercantik dan juga diberi beberapa fasilitas sarana dan prasarana seperti MCK agar wisatawan bisa merasa nyaman.

Kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5)KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5)
"Kami tengah kaji titik-titik yang akan dijadikan landscape unggulan di lumpur Lapindo. Agar wisatawan bisa berfoto dengan bagus," sambungnya.

(BACA: Keliling Surabaya Dalam Sehari, Ini 5 Destinasi Wisata Favorit)

Untuk kawasan Tanggulangin, menurut Djoko, pihaknya terus berkoordinasi dengan pengurus Koperasi Intako agar bisa memberikan diskon-diskon khusus produk-produknya kepada wisatawan.

Ia menjelaskan, destinasi wisata di Sidoarjo berbeda dengan daerah lain. Sidoarjo tak memiliki lansekap alam yang indah, namun memiliki basis UMKM yang kuat. Oleh karena itu potensi wisata unggulan Sidoarjo berkonsep wisata belanja, yaitu berbelanja di sentra UMKM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X