Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Maskapai Penerbangan untuk Milenial?

Kompas.com - 25/07/2017, 21:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Grup Air France baru-baru ini mengumumkan peluncuran maskapai penerbangan terbarunya yang menyasar segmen pasar generasi milenial. Maskapai bernama Joon tersebut dijadwalkan akan diluncurkan pada September tahun ini. 

Joon menargetkan generasi milenial yang bergaya hidup penuh dengan teknologi digital sebagai calon penumpang pesawat tersebut. Selain itu, Air France menyebutkan bahwa Joon menawarkan pengalaman yang inovatif dan tak biasa. 

Joon diklaim akan memberikan jasa dan produk yang mirip seperti yang selama ini ditawarkan Air France. 

"Merek baru ini didesain sepenuhnya untuk memenuhhi kebutuhan dan aspirasi mereka (generasi milenial)," seperti termuat dalam sebuah pengumuman resmi dari Air France.

BACA: Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia, Apa Keunggulan Garuda?

Penumpang nantinya akan dilayani awak kabin dengan seragam yang terkesan santai dengan warna biru menyala yang sederhana tetapi chic. Seperti baju polo shirt dan celana panjang semata kaki, serta blazer yang lengannya digulung. 

Seragam awak kabin disebut-sebut terinpirasi pekerja start-up di Silicon Valley, AS. Seragam ini diharapkan dapat merepresentasikan gaya dinamis yang ingin diangkat oleh Joon. 

Milenial adalah seseorang di usia antara 18-35 tahun, walaupun definisi umur ini kerap kali didebat. Pihak Air France menuturkan kepada CNN bahwa penumpang berusia 40 tahun boleh naik Joon, walau tidak jelas apakah penumpang dengan usia jauh dari generasi milenial diperkenankan naik Joon. 

BACA: Maskapai dengan Makanan Terburuk Adalah...

Juga tidak disebutkan apakah awak kabin harus dari generasi milenial. Selain itu, Air France belum mengungkapkan mengenai sistem hiburan di dalam pesawat maupun soal menu makanan dan minuman. Namun, terungkap bahwa Joon bukanlah maskapai penerbangan  berbiaya rendah. 

Informasi lainnya yang terungkap adalah pada September, Joon akan meluncurkan rute Eropa dari Paris. Sementara penerbangan jarak jauh dijadwalkan akan terbang pada 2018. Joon akan menggunakan armada Airbus A320s, juga A340s dan A350s.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com