Kompas.com - 28/07/2017, 12:03 WIB
Gurame memble di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur. WWW.DOYANKULINER.COMGurame memble di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Nih ada rumah makan khas Betawi yang wajib Anda coba. Namanya Warung Mak Dower. Lokasinya di Jalan Pemuda Nomor 27 Rawamangun, Jakarta Timur.

Warung ini sudah terkenal bahkan beberapa artis sudah pernah mampir ke mari. Pasalnya selain nama-nama menunya unik, rasanya juga hmmm... lezat.

(BACA: Bir Pletok, Simbol Kemegahan Perayaan Orang Betawi)

Bangunan warung lumayan besar, tempat parkir juga cukup luas. Ada area ngedeprok (lesehan), non AC dan ada ruangan AC. Warungnya didominasi cat warna hijau.

Gabus pucung di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.WWW.DOYANKULINER.COM Gabus pucung di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.
Kalau baca menu-menunya memang unik-unik. Ada jengkol nampol, ayam cablak, tulang jambal sewot, udang dower, lele ting-ting, gurame memble, tutut ngibrit, gabus asin lenong, genjer centil dan masih banyak lagi nama menu unik lainnya.

(BACA: Bagaimana Cara agar Kuliner Betawi Tetap Bertahan?)

Untuk menu minuman juga tidak kalah unik, mulai es buaya darat, es kelapa semok, es enjot-enjotan dan lain-lain.

Sambal di Warung Mak Dower, Rawamangun.WWW.DOYANKULINER.COM Sambal di Warung Mak Dower, Rawamangun.
Siang itu saya pesan gabus pucung, tutut ngibrit dan gurame memble.

Untuk gabus pucung memang harus kalau jualannya makanan khas Betawi. Di sini, gabus pucung rasa kuahnya berwarna hitam dan rasa kuahnya agak manis, daging ikan gabusnya lembut. Kuah hitamnya berasal dari kluwek.

Untuk menu gurame memble ini menu pecak gurame. Potongan ikan gurame yang digoreng lalu dimasak pecak. Ini kuahnya berwarna kuning, rasanya gurih dan saya rasa ini masaknya diberi daun kecombrang. Baunya khas banget, tapi tidak terlalu menyengat.

Warung Mak Dower di Rawamangun, Jakarta Timur.WWW.DOYANKULINER.COM Warung Mak Dower di Rawamangun, Jakarta Timur.
Nah gurame ini juga enak, saya suka banget, apalagi ditambah sambal, ampun pedasnya! Rasanya? Mantap banget.

Selanjutnya tutut ngibrit ini yang ditunggu-tunggu. Sudah lama banget nggak makan tutut. Ini sejenis keong yang sudah dipecah bagian belakangnya supaya bersih dan mudah dimakan.

Tutut ngibrit dimasak dengan kuah kuning. Ini juga enak.

Tutut ngibrit di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.WWW.DOYANKULINER.COM Tutut ngibrit di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.
Pokoknya rugi deh kalau belum mampir ke Warung Mak Dower untuk menikmati aneka makanan khas Betawi. (Yudi)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X