Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugusan Pantai Indah yang Harus Anda Sambangi di Bangka Selatan

Kompas.com - 28/07/2017, 18:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Pulau Bangka identik dengan hijaunya hutan dan wisata petualangan, lain halnya dengan Bangka Selatan yang sangat kaya dengan potensi wisata bahari.

KompasTravel menghimpun wisata bahari yang bisa Anda telusuri ketika melancong di negeri Junjung Besaoh. Berikut daftarnya.

Pantai Batu Perahu

Pantai Batu Perahu yang menyuguhkan pemandangan batu karang unik berbentuk perahu besar, menghadap ke laut. Di sini juga terkenal dengan sentra pembuatan perahu tradisional.

Lokasinya tidak jauh dari ibu kota Bangka Selatan, yaitu Toboali. Bisa ditempuh dengan 10 menit jalan darat, dan dua jam perjalanan dari Pangkal Pinang.

Pantai Batu Kapur

Pantai ini menjadi favorit bagi wisatawan lokal Bangka, karena ratusan batu karang indah yang terhampar di bibir pantai diselimuti pasir kecoklatan yang halus. Panorama birunya laut pun seakan menghipnotis wisatawan yang datang ramai tak hanya di akhir pekan.

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Taboali, Bangka Selatan. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Batu Perahu.

Salah satu hal unik yang menjadi penamaan pantai ini ialah terdapat serangga yang dinamai kekapur. Serangga itu hanya keluar pada saat sore hari di musim tertentu.

Bebatuan di Pantai Tanjung Krasak, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.TIC Bangka Selatan Bebatuan di Pantai Tanjung Krasak, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.
Pantai Tanjung Kerasak

Ciri khas pantai ini ialah airnya yang begitu biru dengan pasir putih yang terhampar. Bebatuan granit yang berjejer di pinggir pantai menambah eksotis pemandangan Pantai Kerasak.

Pantai ini cocok untuk wisata keluarga karena karakter ombaknya yang kecil dan kontur pantai yang cenderung landai.

Pantainya berada di Desa Pasir Putih, 30 kilometer dari pusat Kota Toboali. Fasilitas pendukung untuk MCK, gazebo, dan sentra kulinernya termasuk yang paling lengkap di Bangka Selatan.

Pantai Lampu

Pantai ini juga berpasir putih, tetapi teksturnya disebut-sebut paling halus di Pulau Bangka. Selain itu, pantai ini juga minim batuan karang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com