Kompas.com - 28/07/2017, 21:03 WIB
Festival Barongsai di Toboali, Bangka Selatan KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOFestival Barongsai di Toboali, Bangka Selatan
|
EditorSri Anindiati Nursastri

TOBOALI, KOMPAS.com - Festival barongsai di Toboali City On Fire Season II, Jumat (27/7/2017) di Terminal Toboali menarik perhatian masyarakat Toboali, Bangka Selatan.

Pantauan KompasTravel pukul 15.00 WIB, masyarakat memenuhi seluruh sisi panggung acara lomba barongsai tradisional. Masyarakat dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia terlihat antusias untuk menyaksikan acara lomba barongsai.

Suryani (42), warga asal Toboali yang menonton lomba barongsai tradisional mengatakan datang sejak pukul 13.00 WIB bersama adik kandungnya. Ia menyebut acara lomba barongsai tradisional tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

"Saya hobi nonton barongsai. Saya tahun lalu juga nonton. Lebih ramai tahun ini pengunjungnya. Tahun ini luar biasa yang nonton," ujar Suryani kepada KompasTravel di sela-sela acara.

Festival Barongsai di Toboali, Bangka Selatan.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Festival Barongsai di Toboali, Bangka Selatan.

Meski berdesak-desakan saat menonton, Suryani mengaku tetap merasa terhibur. Suryani berharap acara lomba barongsai tetap diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Justian Nur mengatakan masyarakat Bangka Selatan rindu dengan pertunjukan barongsai. Soalnya, atraksi barongsai sempat hilang.

"Kalau festival ini bisa berkembang kami nanti akan adakan dengan skala lebih besar. Nanti bisa berskala internasional. Saya harapkan ke depan pesertanya lebih banyak," ujar Justian saat ditemui di sela-sela acara.

Festival bertemakan 'Keragaman Etnis dan Budaya' ini dimeriahkan oleh 16 acara yang dipusatkan di Lapangan Laut Nek Aji, Toboali, Bangka Selatan. Ada acara Lomba Melukis Tudung Saji, Toboali Oriental Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-Layang, Festival Barongsai, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Touring Komunitas Motor, Pameran UMKM dan Komunitas, Target Shooting Competition dan Ritual Adat Buang Jung yang diadakan selama satu minggu.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X