Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepiting Gemes Pak Mamo yang Bikin Gemes!

Kompas.com - 31/07/2017, 16:12 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Kepiting Gemes Pak Mamo adalah salah satu spot kulinari yang cukup tenar di Pekalongan hingga Pemalang, Jawa Tengah.

Brand "gemes" jadi pemantik daya tarik, karena bikin orang penasaran apanya sih yang bikin gemes? Cita rasa? Cara penyajian? Atau apanya?

Setelah menjajal menu Kepiting Gemes Pak Mamo di cabang Pantai Sari Pekalongan akhir pekan lalu, rupanya memang menunya bisa bikin gemes.

Pertama, pedesnya sangat nendang. Bumbu saus pedas hitam yang membaluri tubuh kepiting terasa lembut ada awalnya.

(BACA: Kepiting Saus Kurma, Seperti Apa Rasanya?)

Ini bikin santapan jadi lahap di mulut. Setelah beberapa suapan, rasa pedas itu barulah menjalari sekitar bibir, rongga mulut, hingga lambung pun mulai panas.

Buat yang tak kuat pedas jangan coba-coba cari perkara! Pemantik gemes kedua, tentu saja daging kepitingnya yang lezat dicocol sausnya yang aduhai.

Ketiga yang tambah bikin gemes, dan ini pembedanya, Pak Momo sediakan lemper dan munthu alias alat ulegan sambal untuk setiap sajian menu kepiting. Buat apa?

(BACA: Kiat Memilih Kepiting yang Lezat)

Buat mecahin cangkang kepitingnya! Pantesan di rumah makan Pak Momo sering terdengar suara gubrak-gubrak....! dag-dug-dag...! Ini merupakan sebuah hal menarik ketika konsumen memukuli cangkang kepiting menggunakan ulegan.

Penggunaan ulegan untuk memecahkan cangkang kepiting ini "diferensiasi" Pak Momo, dari yang umumnya menggunakan tang khusus di restoran-restoran seafood.

Kepiting Gemes Pak Mamo di cabang Pantai Sari Pekalongan, Jawa Tengah.TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGO Kepiting Gemes Pak Mamo di cabang Pantai Sari Pekalongan, Jawa Tengah.
Cara ini sekaligus juga mengingatkan cara yang paling primitif yang sesungguhnya telah dilakukan pada zaman dahulu yakni menggunakan batu untuk memecahkan kerang atau tulang untuk diambil dan dikonsumsi isinya.

Secara umum, cita rasa menu Kepiting Gemes Pak Mamo cukup nyundul. Terasa lezat dan menggoda dengan saus rempah cabe bumbu hitamnya.

Jenis menu yang paling banyak diuber penggemar kulinari laut adalah Kepiting Spesial yang gendut-gendut bodinya, dan Kepiting Telor. Harganya dipatok mulai Rp 95.000 per porsi terdiri dua kepiting.

Menu lain ada Kepiting Soka yang cangkangnya lebih renyah empuk dan bisa sekalian dikonsumsi. Harganya lebih murah dari menu spesialnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com