Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan HUT RI, Tari Gandrung Banyuwangi akan "Unjuk Gigi" di Istana Negara

Kompas.com - 01/08/2017, 21:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Gandrung, tari kebanggaan warga Banyuwangi mendapatkan kehormatan untuk tampil di Istana Negara Jakarta pada acara peringatan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2017). Menurutnya, penampilan Tari Gandrung dalam acara resmi nasional merupakan kehormatan bagi warga Banyuwangi. Tarian yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Bukan Benda oleh Kemendikbud pada 2013 lalu itu sebelumnya juga tampil pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 di hadapan Presiden Joko Widodo.

"Tampilnya Tari Gandrung di Istana Negara adalah apresiasi tinggi dari pemerintah pusat, dari Presiden, dari kementerian terkait dan Badan Ekonomi Kretif (Bekraf) yang menjadi panitia, terhadap kekayaan seni budaya Nusantara. Artinya kita semua sepakat bahwa keragaman seni budaya nusantara ini bukan menjadi pemecah belah, tapi perekat bangsa," ujar Anas.

Anas juga menambahkan bahwa dengan diundangnya kesenian daerah ke istana, para seniman yang membawakannya akan mendapatkan pengalaman berharga. Apalagi mayoritas peserta yang tampil adalah anak-anak muda usia SMA.

"Tampil di Istana Negara bisa bisa menjadi spirit bagi anak-anak muda untuk berkarya lebih baik dan lebih keras dalam mengejar mimpi-mimpinya," papar Anas.

Tari Gandrung adalah tarian khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai “Warisan Budaya Bukan Benda” oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2013. Untuk mengangkat dan melestarikan kesenian daerah, Pemkab Banyuwangi setiap tahunnya menggelar atraksi kolosal Festival Gandrung Sewu.

Lebih dari seribu penari muda Gandrung tampil dalam acara yang selalu digelar di bibir Pantai Boom. Untuk tahun 2017, Festival Gandrung Sewu akan digelar pada 8 Oktober 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com