Kompas.com - 01/08/2017, 21:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Gandrung, tari kebanggaan warga Banyuwangi mendapatkan kehormatan untuk tampil di Istana Negara Jakarta pada acara peringatan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2017). Menurutnya, penampilan Tari Gandrung dalam acara resmi nasional merupakan kehormatan bagi warga Banyuwangi. Tarian yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Bukan Benda oleh Kemendikbud pada 2013 lalu itu sebelumnya juga tampil pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 di hadapan Presiden Joko Widodo.

"Tampilnya Tari Gandrung di Istana Negara adalah apresiasi tinggi dari pemerintah pusat, dari Presiden, dari kementerian terkait dan Badan Ekonomi Kretif (Bekraf) yang menjadi panitia, terhadap kekayaan seni budaya Nusantara. Artinya kita semua sepakat bahwa keragaman seni budaya nusantara ini bukan menjadi pemecah belah, tapi perekat bangsa," ujar Anas.

Anas juga menambahkan bahwa dengan diundangnya kesenian daerah ke istana, para seniman yang membawakannya akan mendapatkan pengalaman berharga. Apalagi mayoritas peserta yang tampil adalah anak-anak muda usia SMA.

"Tampil di Istana Negara bisa bisa menjadi spirit bagi anak-anak muda untuk berkarya lebih baik dan lebih keras dalam mengejar mimpi-mimpinya," papar Anas.

Tari Gandrung adalah tarian khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai “Warisan Budaya Bukan Benda” oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2013. Untuk mengangkat dan melestarikan kesenian daerah, Pemkab Banyuwangi setiap tahunnya menggelar atraksi kolosal Festival Gandrung Sewu.

Lebih dari seribu penari muda Gandrung tampil dalam acara yang selalu digelar di bibir Pantai Boom. Untuk tahun 2017, Festival Gandrung Sewu akan digelar pada 8 Oktober 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.