Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Ikut Travel Fair? Ini Cara Lain agar Dapat Tiket Murah

Kompas.com - 03/08/2017, 22:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang rela berangkat subuh, bahkan sampai menginap, di depan lokasi pameran wisata. Pengorbanan tesebut semata untuk mendapat promo cashback bank yang membuat tiket penerbangan jadi jauh lebih murah. 

Namun banyak pula orang yang tak mau repot mengantre pameran wisata. Yessu (25) misalnya, ia kapok ikut pameran wisata.

"Ribet, kebanyakan syaratnya. Apalagi ngantre dari subuh, nggak rela," kata Yessu yang pernah gagal mendapat tiket penerbangan murah di pameran wisata.

Jika punya pengalaman buruk seperti Yessu atau enggan repot ikut pameran wisata, Anda tak sendirian. Ada banyak jalan menuju Roma. Banyak cara mendapat tiket murah selain ikut pameran wisata, seperti yang KompasTravel rangkum berikut ini.

1. Membeli tiket di Online Travel Fair

Banyak maskapai yang membuat pameran wisata offline dan online, misalnya Garuda Indonesia. Momen Online Travel Fair dapat dimanfaatkan. Pengorbanan yang harus dilakukan kurang lebih bergadang sampai tengah malam dan menunggu situs yang down akibat diakses terlalu banyak.

2. Manfaatkan promo kartu kredit

Bank umumnya loyal dalam memberi promo penerbangan bagi nasabah pemegang kartu kredit. Namun penting untuk membaca jelas syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebab promo kartu kredit biasanya berlaku untuk jenis atau tingkatan kartu kredit tertentu.

3. Ikuti media sosial agen perjalanan

Pihak lain yang gemar memberi promo adalah agen perjalanan, baik itu yang konvensional maupun Online Travel Agent (OTA). Dalam kesempatan tertentu misal Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) atau ulang tahun perusahaan, diskon yang diberikan semakin besar.

4. Manfaatkan Air Miles

Loyal menjadi pelanggan satu maskapai akan memberi keuntungan dengan tabungan Air Miles yang terus bertambah. Jangan lupa untuk membawa kartu pelanggan setiap terbang. Poin Air Miles biasanya dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan pesawat.

5. Catat hari ulang tahun maskapai

Tak ada salahnya mencatat hari ulang tahun maskapai. Lewat pengalaman KompasTravel, lebih dari 50 persen maskapai merayakan ulang tahun dengan memberi promo diskon pesawat yang cukup besar.

6. Pilih waktu memesan dan terbang

Pukul 11.00 dan 23.00 adalah waktu seat control dari maskapai, atau waktunya membatalkan reservasi yang telah lewat tenggat waktu pembayaran. Celah sistem ini dapat dimanfaatkan untuk mendapat tiket penerbangan murah. Penerbangan paling murah adalah penerbangan tengah malam atau subuh pagi hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com