Berencana Datang ke DCF 2017? Ini Rute Jalan Menuju Dieng

Kompas.com - 04/08/2017, 06:09 WIB
Pengunjung berswafoto di tugu Dieng, Jawa Tengah, Kamis (3/8/2017). Satu hari menjelang perhelatan Dieng Culture Festival 2017, pengunjung mulai memadati kompleks wisata Dieng. KOMPAS.COM/IQBAL FAHMIPengunjung berswafoto di tugu Dieng, Jawa Tengah, Kamis (3/8/2017). Satu hari menjelang perhelatan Dieng Culture Festival 2017, pengunjung mulai memadati kompleks wisata Dieng.
|
EditorI Made Asdhiana

DIENG, KOMPAS.com - Ada dua alternatif rute perjalanan darat yang bisa menjadi pertimbangan para wisatawan yang berencana datang ke agenda Dieng Culture Festival (DCF) 2017.

Bagi Anda yang datang dari arah Yogyakarta, perjalanan ke Dieng akan menempuh jarak sekitar 116 kilometer, dengan rute terdekat melalui jalur Magelang.

Sementara bagi wisatawan yang bertolak dari kota Semarang, jarak yang ditempuh untuk sampai Dieng kurang lebih 98 kilometer, dengan rute terdekat melalui rute Ungaran-Ambarawa.

(BACA: Homestay Dadakan Masih Jadi Andalan di Dieng)

Baik wisatawan yang datang dari Semarang dan Yogyakarta akan bertemu di Secang, Magelang dan searah menuju Simpang Pasar Kretek, Wonosobo. Dari Pasar Kretek, tinggal ambil arah Kota Wonosobo hingga ke jalan lingkar Wonosobo dan mengikuti petunjuk arah ke utara hingga ke Dieng.

Dalam pantauan Kompas.com, kondisi medan menuju Dieng via Wonosobo cenderung menanjak dan berliku. Namun jalur inilah yang paling populer karena aksesnya yang lebih mudah dan halus.

(BACA: Jangan Ditiru! Kelakuan Turis Menginjak Cagar Budaya di Yogyakarta)

Sementara bagi Anda yang datang dari arah Purwokerto, cobalah menggunakan jalur lain via Banjarnegara. Meskipun jalur ini cenderung lebih ekstrem, namun pembagian jalur diperlukan untuk menghindari penumpukan arus kendaraan di rute Wonosobo-Dieng.

Jalur Karangkobar sendiri bisa ditempuh dari Alun-alun Banjarnegara menuju ke Utara atau masuk Jalan Sunan Gripit.

Setelah itu, ikuti jalur utama Jalan Raya Petambakan hingga bertemu Simpang Banjarmangu. Dari sana ambil arah Karangkobar dan ikuti petunjuk jalan sampai ke Kecamatan Batur, Dieng.

Bagi Anda yang menggunakan moda transportasi umum, pastikan berhenti di Terminal Wonosobo. Di Terminal Wonosobo, banyak tersedia bus mikro yang setiap satu jam siap mengangkut penumpang hingga ke Dieng dengan ongkos Rp 12.000.

Tapi pastikan Anda datang sebelum sore, sebab trayek dari Terminal Wonosobo-Dieng mulai sulit dijumpai dari mulai pukul 17.00 WIB.

Ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri memadati acara Dieng Culture Festival 2016.ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri memadati acara Dieng Culture Festival 2016.
Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan panjang menjelang perayaan DCF 2017, Kasat Lantas Polres Wonosobo, AKP SS Udiyono menurunkan puluhan personel untuk berjaga di sejumlah titik rawan dari mulai Pasar Garung, Pasar Kejajar hingga Gardu Pandang dan Simpang Dieng.

Selain personel, pihaknya juga akan menyiagakan tim pengurai yang dipimpin langsung oleh Kapolres, dan penempatan mobil derek di sejumlah titik rawan mogok.

“Penyebab kemacetan paling utama malah mobil mogok. Dan itu tidak memandang mobil baru atau lama, tapi soal keahlian berkendara sopir. Soalnya jalur ke Dieng memang susah, nanjak dan berkelok,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X