Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2017, 17:10 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Baobab Safari Resort di Taman Safari II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (3/8/2017). Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen diresmikan pada tanggal 29 Desember 1997 dan memiliki 4 zona yaitu zona satwa, zona rekreasi, zona baby zoo, dan zona Baobab.

Yang membedakan TSI II dari unit TSI lainnya adalah TSI II memiliki Aquatic Land seluas 1.500-2.000 m2 yang dihuni oleh pinguin, linsang, anjing laut dan satwa lainnya.

Siaran pers Kementerian Pariwisata kepada KompasTravel menyebutkan, Baobab Safari Resort memiliki 148 kamar, 120 deluxe rooms, 24 premium rooms dan 4 junior suite rooms, dilengkapi 1 ballroom untuk MICE.

Tema dari seluruh aktivitas yang ada di hotel adalah Animal Edutainment yaitu mengedepankan edukasi bagi generasi muda agar tumbuh rasa cinta pada satwa dan mau turut serta dalam upaya pelestarian satwa.

(BACA: 10 Bali Baru Dipromosikan di Manila)

Menurut Arief, dengan diresmikannya Baobab Safari Resort berarti menambah Atraksi dan sekaligus Amenitas di Bromo-Tengger-Semeru (BTS) Jawa Timur.

Ini akan menjadi resor pertama di Indonesia dengan konsep akomodasi yang dikelilingi oleh satwa liar. Pasalnya kompleks resor itu terintegrasi dengan Taman Safari Indonesia II Prigen, yang hidup bersama satwa liar di alam bebas.

"Pasti seru dan penuh sensasi. Baobab Safari Resort bisa menjadi bagian yang memperkuat pengembangan Atraksi Bromo-Tengger-Semeru dan sekitarnya," kata Arief saat meninjau lokasi resort itu.

(BACA: Menpar: Vietnam Pesaing Baru Indonesia)

Kementerian Pariwisata, lanjut Arief Yahya, mengapresiasi manajemen PT Taman Safari Indonesia yang membuka Baobab Safari Resort and Convention itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Baobab Safari Resort and Convention di Taman Safari II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (3/8/2017). Taman Safari Indonesia II Prigen memiliki 4 zona yaitu zona satwa, zona rekreasi, zona baby zoo, dan zona Baobab. Baobab Safari Resort memiliki 148 kamar, 120 deluxe rooms, 24 premium rooms dan 4 junior suite rooms, dilengkapi 1 ballroom untuk MICE.ARSIP KEMENPAR Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Baobab Safari Resort and Convention di Taman Safari II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (3/8/2017). Taman Safari Indonesia II Prigen memiliki 4 zona yaitu zona satwa, zona rekreasi, zona baby zoo, dan zona Baobab. Baobab Safari Resort memiliki 148 kamar, 120 deluxe rooms, 24 premium rooms dan 4 junior suite rooms, dilengkapi 1 ballroom untuk MICE.
Ada tiga hal strategis yang disampaikan Menpar. Pertama, Baobab merupakan amenitas di tengah atraksi Bromo-Tengger-Semeru dan Taman Safari terbesar di Indonesia dengan luas 350 ha.

"Bahkan salah satu yang terluas di Asia untuk kategori Taman Safari. Bedanya Taman Safari dengan Zoo atau kebun binatang itu, Taman Safari binatangnya dilepas bebas, sedang Zoo dimasukkan ke dalam kerangkeng," kata Arief Yahya.

Sebagai atraksi dan amenitas, lanjut Menpar, Baobab Safari Resort and Convention merupakan Konsep Animal Edutainment pertama yang memadukan akomodasi dikelilingi oleh satwa liar.

Kedua, TS II itu berada di destinasi prioritas, yang biasa disebut 10 Bali Baru. Karena itu atraksi dan amenitasnya juga harus kelas dunia karena Bromo-Tengger-Semeru merupakan satu dari 10 destinasi yang diformat menjadi kelas dunia.

"Tidak lama lagi akan dibuat Perpres Badan Otorita Pariwisata (BOP) BTS, yang menggunakan prinsip single management single destination. Ujung dari BOP ini adalah akan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata," kata Arief Yahya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com