Kompas.com - 06/08/2017, 08:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Manis legit, kenyal, dan harum. Perpaduan fungsi indra berhasil menafsirkan apa yang ada di balik penganan khas Gorontalo, kue Popaco. Kuliner kue basah asal Gorontalo itu begitu membuat ketagihan.

Saya mencoba mencicipi kue Popaco di stan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo yang turut meramaikan Festival Kuliner Nusantara 2017 di Mal Artha Gading, Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Hmm.. Rasanya tak cukup melahap dua buah kue Popaco. Daun pandan menghasilkan wangi yang menyusup ke dalam hidung. Sementara, gula merah di bagian bawah kue Popaco, memberi kesan manis legit di lidah.

(BACA: Viral di Medsos, Mari Cicipi Kue Pedagang Cetar di Mangga Dua)

Kue Popaco terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, santan, daun pandan, gula merah, vanili, garam, gula pasir, dan telur. Ada berbagai variasi teknik pembuatan kue Popaco.

"Setelah adonannya (tepung terigu, telur, vanili, gula pasir) jadi, pertama taruh parutan gula merah di bagian bawah dan lalu adonan pandan. Dikukus lalu taruh adonan yang putih," kata Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan Dinas Pariwisata Gorontalo, Citra Tulen saat berbincang dengan KompasTravel.

Kue Popaco biasa ditemukan saat acara-acara pernikahan, khitanan, acara penyambutan, dan acara-acara resmi lainnya. Namun, menurut Citra, kue Popaco juga bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional Gorontalo.

"Kue Popaco ditemukan biasanya pagi. Kalau siang sudah tak ada. Saat Ramadan, jelang buka puasa ini banyak di pinggir jalan," ujarnya.

Ukuran kue Popaco tak besar. Panjangnya sekitar empat sentimeter, lebarnya sekitar dua sentimeter, dan tebalnya sekitar dua sentimeter.

Menurut Citra, harga kue Popaco di Gorontalo dijual mulai Rp 1.500 per buah.

Nah, saat pergi ke Gorontalo, tentu jangan lupa coba kue Popaco. Kenyal, manis legit, dan harum bisa jadi buat ketagiham seperti saya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.