Pengembangan Bandara Silangit Selesai September

Kompas.com - 07/08/2017, 15:07 WIB
Sebanyak 16 Tour Operator Polandia, Austria, Hungaria, Slovakia, Bulgaria serta perwakilan Emirates di Bandara Silangit, Siborongborong. Mereka dibawa keliling ke Danau Toba di Sumatera Utara yang merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia yang di tengahnya ada Pulau Samosir. ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPARSebanyak 16 Tour Operator Polandia, Austria, Hungaria, Slovakia, Bulgaria serta perwakilan Emirates di Bandara Silangit, Siborongborong. Mereka dibawa keliling ke Danau Toba di Sumatera Utara yang merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia yang di tengahnya ada Pulau Samosir.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II memastikan pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan tuntas pada September 2017.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin meninjau langsung proyek pembangunan Bandara Silangit pada Sabtu (5/8/2017).

"Pengembangan Bandara Silangit salah satunya dalam rangka mendukung peningkatan konektivitas transportasi udara sebagaimana dicanangkan pemerintah sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian dan pariwisata yang dalam hal ini adalah kawasan Danau Toba," kata Awaluddin dalam keterangan pers yang diterima KompasTravel, Senin (7/8/2017).

(BACA: Silangit Berbenah Menjadi Bandara Internasional)

Bandara Silangit juga akan mulai melayani penerbangan internasional sejalan dengan tuntasnya pengembangan pada September mendatang.

Angkasa Pura II secara intensif tengah melakukan sejumlah persiapan bersama instansi lain khususnya Bea & Cukai, Imigrasi, dan Karantina.

“Sebanyak tiga maskapai yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Group sudah menyatakan tertarik untuk melayani penerbangan internasional di Bandara Silangit. Kemungkinan rute internasional di Silangit adalah dari dan ke Singapura atau Kuala Lumpur, Malaysia, yang saat ini merupakan hub di ASEAN sehingga dapat menarik wisman asal China,” kata Awaluddin.

(BACA: Liburan ke Danau Toba, Ini Kalender Pariwisata Sepanjang 2017)

Sejak pemerintah mencanangkan pengembangan kawasan Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata unggulan, AP II selaku pengelola Bandara Silangit mendukung penuh hal tersebut di antaranya dengan menggandeng maskapai untuk membuka layanan penerbangan langsung Jakarta-Silangit.

Adapun pengembangan keseluruhan di Bandara Silangit di antaranya mencakup perluasan runway dari 2.400 x 30 meter menjadi 2.650 x 45 meter.

Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).KOMPAS/NIKSON SINAGA Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).
Pengembangan bandara termasuk penambahan kapasitas apron dengan daya tampung 2 unit pesawat Boeing 737-500 menjadi dapat menampung hingga 4 unit pesawat Boeing 737-900 Extended Range atau sekelas.

Pengembangan juga menyentuh perluasan terminal dari berkapasitas 36.500 penumpang per tahun menjadi berkapasitas 1 juta penumpang per tahun, di samping tentunya AP II juga membangun sarana dan prasarana pendukung operasional lainnya.

Bandara Silangit adalah bandara terdekat dengan kawasan Danau Toba dengan jarak tempuh antara 30 menit hingga 1 jam. Penerbangan langsung Jakarta-Silangit secara perdana dilayani oleh Garuda Indonesia pada 22 Maret 2016 kemudian disusul oleh Sriwijaya Air pada 26 April 2016. (*)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X