Kompas.com - 07/08/2017, 18:04 WIB
Armada AirAsia KOMPAS.COM/Alek KurniawanArmada AirAsia
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbangan langsung AirAsia rute Makau (China) - Jakarta mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (7/8/2017) sekitar pukul 12.20 WIB.

Pantauan KompasTravel, acara penyambutan penerbangan perdana AirAsia dari Macau International Airport, Tiongkok berlangsung di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta. Acara penyambutan dihadiri Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group untuk Indonesia, Dendy Kurniawan; CEO AirAsia, Tony Fernandes; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana; Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin; dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso.

"Penerbangan langsung ini merupakan rute kelima setelah Penang, Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur dari Jakarta. Penerbangan ini (Jakarta - Makau) merupakan satu-satunya penerbangan langsung ke Makau," kata Dendy dalam kata sambutan.

Penyambutan penumpang Air Asia Jakarta - Makau di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (7/8/2017). Acara penyambutan dihadiri Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group untuk Indonesia, Dendy Kurniawan; CEO AirAsia, Tony Fernandes; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana; Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin; dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Penyambutan penumpang Air Asia Jakarta - Makau di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (7/8/2017). Acara penyambutan dihadiri Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group untuk Indonesia, Dendy Kurniawan; CEO AirAsia, Tony Fernandes; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana; Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin; dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso.

Ia berharap dengan adanya penerbangan langsung Jakarta - Makau bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dari Makau dan Republik Rakyat China. Menurut Dendy, okupansi pada penerbangan perdana Air Asia Jakarta - Makau terisi 80 persen.

"Penerbangan malam tadi terisi sekitar 161 kursi," ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pembukaan rute baru Jakarta - Makau dari AirAsia. Dengan adanya rute baru tersebut, lanjutnya, konektivitas udara ke Indonesia menjadi bertambah.

Acara penyambutan dimeriahkan oleh tarian-tarian tradisional Betawi. Jajaran direksi AirAsia, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, dan Angkasa Pura II membagikan suvenir kepada penumpang Air Asia rute Makau - Jakarta.

Air Asia melayani penerbangan Makau - Jakarta dengan pesawat bertipe Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi penumpang. Penerbangan dari Jakarta ke Macau ini diawali dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu. Kemudian, frekuensi penerbangan akan meningkat menjadi empat kali dalam seminggu pada September 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.